Ikuti Bimtek Kemensos, Kholipah Gelorakan Semangat Kemanusiaan

0
Foto: Kholipah Bersama Anggota Tagana Mengikuti Bimtek dan Uji Kompetensi yang Diselenggarakan oleh Kemensos RI

Kabupaten Pemalang – Ketua PAC PDI Perjuangan Watukumpul, yang juga relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Kholipah mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) dan uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Bimtek ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 22-23 Juli melalui aplikasi Zoom Meeting dan diikuti Tagana seluruh Indonesia, dari Tagana Watukumpul diikuti 8 personil dan bertempat di tenda Serbaguna Tagana yang ditempatkan halaman Puskesmas Watukumpul, Kamis (22/7/2021).

Foto: Anggota Tagana Watukumpul Ikuti Bimtek dari Kemensos

Kholipah mengatakan, dirinya sudah menjadi anggota Tagana sudah puluhan tahun, bahkan sudah sering mengikuti pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh Kemensos dan BPBD Kabupaten Pemalang.

“Saat ini Kemensos sangat membutuhkan kami dari Tagana untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani wabah Corona, untuk itu selama dua hari ini kami digembleng untuk mengikuti pelatihan dan uji kompetensi secara daring dalam penanganan pandemi Covid,” katanya.

Lebih lanjut, Kholipah menjelaskan, bahwa dirinya selama ini hidup di lingkungan gunung, sehingga penanganan yang sering dilakukan olehnya adalah bencana longsor, banjir bandang, dan bencana gunung Slamet. Sehingga terkait bencana non alam kali ini, perlu mendapat pembekalan yang lebih mendalam.

“Longsor, banjir bandang, dan kebencanaan gunung Slamet sudah menjadi keahlian kami di Tagana Watukumpul, tapi kalau penanganan Corona kami perlu belajar banyak lagi,” ungkapnya.

Seperti diberitakan Derap Juang pada awal Juni lalu, bahwa Kholipah juga turut terlibat langsung di posko TAGANA membantu mengurangi dampak penyebaran Covid-19 di beberapa wilayah Kecamatan Watukumpul. Bahkan dia pernah ditugasi langsung untuk ikut pemulasaran jenasah yang meninggal karena terpapar Covid-19.

“Selaku kader PDI Perjuangan, saya harus bisa memberi contoh bagi kader yang lain, serta dengan kepedulian dan membantu sesama maka martabat Partai akan ikut terangkat di mata masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga :   Bupati Yuni Bakar Semangat Pemuda Sragen di Forum KNPI

Koresponden : Agus Siswanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here