Hj. Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Bung Karno di Kantor Lemhanas RI

0

Jakarta – Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Bung Karno yang dibangun di depan kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Hal tersebut merupakan rangkaian peringatan hari lahir Lemhanas ke-56, yang dirintis oleh Presiden pertama RI, Ir. Soekarno pada 20 Mei 1965.

Dengan didampingi oleh Gubernur Lemhannas, Letjen. TNI (Purn) Agus Widjoj, serta Ketua DPR RI, Puan Maharani, Hj. Megawati Soekarnoputri meresmikan Patung Bung Karno, sekaligus menandatangani prasasti yang berada di halaman Gedung Lemhannas RI, Kamis, (20/5/2021)

Ketua Umum PDI Perjuangan, Hj. Megawati Soekarnoputri menyatakan, patung Bung Karno yang berada di Lemhannas tersebut hendaknya menjadi pengingat, agar lembaga itu dapat menggembleng insan calon pemimpin yang nantinya benar-benar melaksanakan Pancasila. 

Penandatanganan prasasti oleh Hj. Megawati Soekarnoputri, saat meresmikan Patung Bung Karno di Halaman Kantor Lemhanas RI

“Pancasila jangan selalu menjadi jargon. Sebab, Bangsa Indonesia membutuhkan Pancasila untuk diimplementasikan. Terlebih, oleh insan Lemhannas, yang sudah digembleng, maupun yang sedang digembleng. Lemhanas merupakan wadah bagi para calon pemimpin dari seluruh Tanah Air, yang berkumpul untuk bergotong royong dalam melakukan kerja kolektif, dan yang paling penting adalah merumuskan jalan untuk Indonesia Raya,” tutur Hj. Megawati Soekarnoputri, yang juga Presiden RI kelima.

Hj. Megawati Soekarnoputri berpesan, agar jangan alergi dengan Pancasila. Sebab, Bung Karno mengatakan, dasar negara Indonesia merdeka adalah Pancasila. Namun, Bung Karno tidak pernah menyatakan dirinya sebagai penemu Pancasila, melainkan Bung Karno hanya seorang penggali Pancasila bagi elemen jiwa bangsa Indonesia. Maka dari itu, seluruh Bangsa Indonesia harus membuka mata batin, pikiran, dan jiwa, tetap konsisten, serta sungguh-sungguh dalam menjalankan Pancasila. 

Baca Juga :   Komitmen Yudi Kusnandar Entaskan Kemiskinan Desa Karanglo

“Saya berharap, semoga dengan diresmikannya patung Bung Karno ini, seluruh Bangsa Indonesia, khususnya Lemhannas, dapat mengemban tugas menjabarkan konsepsi Trisakti, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan,” imbuhnya.

Keseluruhan acara dilaksanakan dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan pencegahan Covid-19. Selain itu, agenda peresmian patung Bung Karno ini, dapat disaksikan melalui kanal Youtube Lemhannas RI.

Penulis : Tim Editor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here