Hendi Berharap PKK Jadi Garda Terdepan Penanganan Covid-19

0
Walikota Semarang, Hendrar Prihadi

Kota Semarang – Di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini melanda, diharapkan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah berperan aktif dalam penanganan Covid-19. Salah satu peran yang cukup dominan yaitu dari peran perempuan karena dapat menjadi garda terdepan bagi anggota keluarga untuk membentengi diri agar tidak terpapar virus ini.

Atas dasar tersebut, Walikota Semarang Hendrar Prihadi meminta kepada seluruh jajaran PKK Kota Semarang untuk dapat bersinergi dengan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 di Kota Semarang. Menurutnya, saat ini PKK memiliki peran yang strategis yaitu sebagai educator di keluarga maupun di masyarakat.

Saat menghadiri Rapat Koordinasi Tim Penggerak PKK Kota Semarang secara virtual (27/1/2020), Walikota Semarang yang akrab disapa Hendi ini mengatakan, “PKK dapat ikut berperan dalam mengedukasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat serta orang sekitar agar tidak tertular covid-19. PKK dapat menyampaikan agar masyarakat selalu melaksanakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Atau pengembangannya menjadi 4M atau 5M silahkan ibu-ibu semua,” tuturnya.

“Kita harus sama-sama melakukan edukasi dan memberikan informasi secara jelas kepada masyarakat. Hal ini agar tidak terjadi disinformasi karena ada sebagian dari masyarakat, meskipun kecil tapi dapat berdampak ke yang lain karena masih enggan memakai masker dalam interaksi social maupun pelaksanaan agenda kemasyarakatan,” tambah Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi memberi sambutan di Rakor Penggerak PKK Kota semarang

Sepanjang pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Semarang selain memberikan bantuan berupa sembako, juga memberikan bantuan berupa 6.000 dus makan melalui Jumat Berkah dengan bantuan Dinas Sosial. Lebih lanjut, Hendi meminta agar PKK dapat semakin peka melihat kondisi sosial yang ada disekitar. PKK harus bisa tampil di depan melihat dan jika memungkinkan ikut membantu secara detail siapa saja yang susah makan dan terdampak pandemi ini. Selain itu, Hendi juga meminta sinergitas dan kerjasama yang baik antara PKK dan jajaran Pemerintah Kota Semarang agar terus dijaga dan ditingkatkan guna memberikan manfaat yang semakin luas bagi masyarakat.

Baca Juga :   Proses Lanjutan Rekrutmen Kader Komunitas Juang Temanggung

Sementara Ketua TP PKK Kota Semarang, Krisseptiana Hendrar Prihadi menyampaikan bahwa pihaknya akan siap berjalan selaras dengan berbagai program Pemerintah untuk memberikan manfaat yang semakin luas bagi warga masyarakat. Untuk itu mengawali tahun 2021, sinkronisasi dan evaluasi dilakukan agar kerjasama PKK dan Pemkot ke depan lebih baik.

Koresponden : Didik – Tika

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here