Hari Lahir Pancasila, Sri Sumarni Tekankan Pemberdayaan Budaya Daerah

0
Foto: Bupati Grobogan, Sri Sumarni bersama unsur Forkopimda Kab. Grobogan

Kabupaten Grobogan – Sri Sumarni, selaku Bupati Grobogan serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) mengikuti peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual. Pada momentum kali ini yang menjadi unik adalah peserta memakai baju adat khas Kab. Grobogan, Selasa (01/06/2021).

Peringatan Hari Lahirnya Pancasila digelar di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, yang dipimpin langsung Presiden RI, Joko Widodo. Presiden Joko Widodo sendiri mengenakan pakaian adat Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan.

Foto: Bupati Grobogan, Sri Sumarni

Dalam penyampaiannya, Joko Widodo mengajak masyarakat menjadikan Pancasila sebagai pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesiaan.

“Menghadapi semua ini perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0,” katanya.

Sementara itu, Sri Sumarni yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Grobogan ini mengajak masyarakat memaknai Hari Lahirnya Pancasila dengan melestarikan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya, di dalam kehidupan sehari-hari.

Foto: Upacara Harlah Pancasila serentak se-Indonesia

Ketika hal itu bisa dimaknai, Pancasila pasti akan membawa keadaan yang berlangsung tanpa adanya pertikaian antara suku, antar umat beragama yang mengatasnamakan kebeneran satu golongan.

“Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesiaan, khususnya seluruh generasi muda di Kab. Grobogan. Pancasila menjadi spirit dalam menimba ilmu pengetahuan, sehingga pemuda akan produktif dan terarah,” tutup Sri Sumarni.

Koresponden : Nanang – Faisal

Baca Juga :   Mbak Ita: Wujudkan Ketahanan Pangan Melalui Urban Farming

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here