Bertepatan Momentum Hari Lahir Pancasila, BJBS Purbalingga Resmi Beroperasi

0

Kabupaten Purbalingga – Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga resmi beroperasi, Selasa 1 Juni 2021. Pengoperasian bandara yang berada di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU Jenderal Besar Soedirman di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja tersebut bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Peresmian beroperasinya bandara Soedirman dihadiri oleh Wakil Bupati Purbalingga, Sudono, Ketua DPRD Kab. Purbalingga, HR Bambang Irawan, Danlanud Jenderal Besar Soedirman, Letkol Nav. Marino Adam Darmawan, serta perwakilan pengusaha.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, bandara ini sudah dirintis pembangunannya sejak 15 tahun yang lalu. Maka dari itu, pihaknya memberikan apresiasi kepada Bupati Purbalingga sebelumnya, yang sudah berjuang agar Kab. Purbalingga memiliki bandara.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi meresmikan Bandara Jenderal Besar Soedirman Purbalingga

Dyah Hayuning Pratiwi menambahkan, pembangunan bandara itu sudah dirintis sejak Tahun 2006 oleh Bupati Triyono Budi Sasongko. Pembangunan tersebut diawali dengan melakukan studi kelayakan. Proses terus berlanjut di masa kepemimpinan bupati selanjutnya, yaitu di masa kepemimpinan Heru Sudjatmoko, Sukento Rido Marhaendrianto, Tadi, sampai dengan kepemimpinan Bupati Dyah Hayuning Pratiwi.

“Saya merasa bersyukur, karena bandara Soedirman bisa resmi beroperasi bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Keberadaan bandara tersebut merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian di Jawa Tengah elatan bagian barat. Bandara ini bukan hanya milik Kab. Purbalingga, namun juga milik warga di Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Kebumen, serta wilayah yang berdekatan lainnya. Mari kita bersama sama sengkuyung keberadaan bandara ini untuk memajukan perekonomian,” tutur Tiwi, sapaan akrab Dyah Hayuning Pratiwi.

Sementara itu, Direktur PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaludin menyampaikan, Bandara Soedirman resmi berstatus aktif beroperasi. Penerbangan komersial akan mulai dilaksanakan pada Kamis 3 Juni 2021.Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada maspakai Citilink. Sebab, maskapai tersebut merupakan maskapai perdana yang mengudara di bandara Jenderal Soedirman.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kabupaten Klaten Bagikan Sembako dan Masker kepada Kader Partai

Koresponden : Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here