Bupati Afif: Perguruan Tinggi Harus Ikut Berperan Dalam Pembangunan Daerah

0

Kabupaten Wonosobo – Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat meminta perguruan tinggi ikut membantu kemajuan pembangunan di daerah, terutama dalam hal mengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal itu disampaikan oleh Afif Nurhidayat, saat menghadiri acara “Silaturrahmi dan Halal Bi Halal” yang diselenggarakan oleh Paguyuban Perguruan Tinggi Rayon 3, yang dipusatkan di Kampus Unsiq Jawa Tengah di Wonosobo, Senin (31/5/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Paguyuban PT Rayon 3, Akhmad Darmawan, S.E., M.Si dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Rektor Unsiq, Dr. KH. Muchotob Hamzah, M.M., serta seluruh perwakilan Paguyuban Perguruan Tinggi Rayon 3 yang mengikuti secara virtual.

Afif Nurhidayat mengatakan, kualitas SDM menjadi salah satu faktor penentu kemajuan pembangunan di daerah. Perguruan Tinggi merupakan kawah candradimuka bagi peningkatan SDM, baik melalui proses pendidikan, maupun melalui pelatihan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Rangkaian acara halal bi halal yang diselenggarakan oleh Paguyuban Perguruan Tinggi Rayon 3

Dalam kesempatan teersebut, Afif memberikan apresias atas terselenggarannya kegiatan ini. Afif juga menyampaikan ucapan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk hadir dalam acara tersebut. Afif menambahkan, acara ini sangat bermanfaat, serta dapat mempererat tali silaturahmi antara Perguruan Tinggi Rayon 3.

“Dalam masa pandemi global Covid-19 ini, saya meminta kepada seluruh pihak untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam setiap aktivitas kapan dan di manapun. Sebab, penularan dan penyebaran Covid-19 belum berakhir. Maka dari itu, acara tersebut dilaksanakan secara virtual,” tutur Afif Nurhidayat, yang juga Ketua DPC PDDI Perjuangan Kab. Wonosobo.

Afif mengajak kepada semua pihak, untuk meningkatkan IPTEK, serta cepat beradaptasi dengan kemajuan jaman, agar tidak tertinggal. Selain itu, juga bisa membantu dalam pembangunan daerah. Sebab, kemajuan IPTEK sangat membantu kemudahan semua aspek kehidupan.

Baca Juga :   Mbak Mitha dan DPC PDI Perjuangan Brebes Bantu Korban Banjir Rob

“Perlu disadari, bahwa Pemerintah Kab. Wonosobo masih sangat membutuhkan sentuhan dari dunia kampus. Mari kita dorong anak-anak Wonosobo, untuk terus bersekolah ke jenjang lebih tinggi. Jangan malah disuruh untuk bekerja. Sebab, kualitas SDM yang unggul bisa memutus mata rantai kemiskinan di lingkungan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor Unsiq Jateng di Wonosobo, Dr. KH Muchotob Hamzah, M.M.  menjelaskan terkait pentingnya arti halal bi halal, serta peran penting PT dalam mencerdaskan masyarakat. Kampus diciptakan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Menurutnya, sudah saatnya Perguruan Tinggi mendedikasikan diri bersama berbagai pihak, yang memiliki semangat yang sama, dalam mewujudkan percepatan pembangunan SDM di daerah, maupun secara nasional.

Koresponden : Hildan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here