Hamenang Wajar Ismoyo: Generasi Muda Harus “Melek” Politik

0

Kabupaten Klaten – Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Klaten menggelar Talk Show dengan narasumber Ketua DPRD Kab. Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, S.I.Kom terkait pentingnya generasi “melek” politik di masa Pandemi Covid -19.

Menurut Hamenang, di era Pandemi Covid -19 seperti ini, generasi muda harus tepat mengambil posisi dan peran, agar tidak salah jalan. Pentingnya generasi melek politik ini agar tidak seperti daun kering yang gampang dikumpulkan, disapu kesana disapu kesini, terus dibakar.

“Di era Pandemi Covid-19 ini, tentu tidak hanya masalah kesehatan, namun juga masalah perekonomian yang ujung-ujungnya dimanfaatkan oleh oknum tertentu, yang kemudian menyudutkan Pemerintah, seolah-olah Pemerintah gagal dalam penanganan Pandemi,” tuturnya.

Hamenang yang juga Wakil Ketua Bidang Politik dan Komunikasi DPC PDI Perjuangan Klaten juga mengatakan, pemuda jangan mau digiring-giring opini kearah tersebut, sehingga kemudian melakukan demo, membuat mural-mural kritik berlebihan yang lebih ke arah “nyinyir” tanpa solusi.

“Harapan saya, dengan pemuda paham politik, mereka bisa melihat kondisi Indonesia dengan kacamata yang lebih luas dan obyektif, sehingga tidak larut dalam euforia membenci Pemerintah, namun justru bisa menawarkan solusi-solusi untuk membantu Pemerintah,” imbuhnya.

Hamenang juga mencontohkan, hal terkecil adalah pemuda aktif dalam organisasi kepemudaan di desanya masing-masing. Dari situ, para pemuda bisa mewarnai program-progran kegiatan yang positif, misalnya membuat gerakan-gerakan yang mengkampanyekan pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk menekan angka penularan Covid-19.

“Selain itu, pemuda juga bisa aktif membantu UMKM di desa, dengan mempromosikan produknya secara online. Pemuda juga bisa ikut bergabung di BUMDes, untuk menyumbangkan kreatifitasnya, agar BUMDes bisa bergeliat di tengah Pandemi. Mengingatkan cerita sejarah di masa lalu, jangan tanya apa yang sudah negara berikan padamu, namun katakan apa yang sudah kau buat untuk negaramu. Inilah saatnya anak muda mengambil peran untuk membantu negara dalam rangka penanganan Covid -19,” pungkasnya.

Baca Juga :   Hadiri Vidcon Pengarahan Presiden RI, Masan: Untuk Kudus Lebih Baik

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here