Halo Mas Jekek, Layanan Aduan Publik Wonogiri

0
Bupati wonogiri, Joko Sutopo dan Wakil Bupqti Wonogiri, Setyo Sukarno

Kabupaten Wonogiri – Bupati wonogiri, Joko Sutopo memiliki akun media sosial khusus untuk penyampaian aspirasi atau layanan pengaduan masyarakat secara daring, HaloMasJekek. Di Wonogiri sendiri, Layanan aduan warga secara daring sudah ada, jauh sebelum Gubernur mengeluarkan intruksi terkait hal ini.

Halomasjekek adalah layanan berbasis aplikasi pesan singkat atau short message service (SMS). Warga dapat menyampaikan aduan dengan format HALOMASJEKEK (spasi) isi aspirasi/aduan kirim ke 1708.

Selain itu, warga Wonogiri juga bisa menyampaikan aspirasi atau pengaduan lewat lapor.go.id, dan laporgub.jatengprov.go.id. Semuanya merupakan layanan resmi pengaduan pemerintah daerah Wonogiri yang terintegrasi dengan sistem di pemerintah pusat. Layanan dibuat sejak beberapa tahun lalu.

Menurut Bupqti Wonogiri, Joko Sutopo, aduan yang disampaikan melalui layanan itu dinilai lebih efektif karena pasti ditindaklanjuti daripada melalui media sosial pribadi kepala daerah.

“Bagian Humas (Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda) sudah punya akun media sosial. Dinas lain juga punya. Semua memberi ruang bagi warga menyampaikan sesuatu,” tuturnya.

penyampaian aspirasi akan lebih efektif jika melalui diskusi, audiensi, sarasehan atau ruang lain yang membuka peluang berkomunikasi dua arah. Mas Jekek sapaan akrab Bupati Wonogiri membuka ruang kerjanya selebar-lebarnya bagi warga yang ingin menyampaikan aspirasi atau aduan. Ia menyebut wakilnya, Setyo Sukarno juga demikian.

Koresponden: Firr Febb

Baca Juga :   Bulan Bung Karno, Banteng Kebumen Gelar Pengobatan Gratis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here