Hadiri Program JKN-KIS, Mbak Eisti Minta Kualitas Pelayanan Harus Diutamakan

0
Foto: Bupati Demak, dr. Hj. Eisti'anah berikan sambutan dan paparan

Kabupaten Demak – Pemkab Demak berkomitmen untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh warga Kab. Demak. Hal ini ditandai dengan terbitnya Instruksi Bupati Demak Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Kabupaten Demak sebagai turunan dari Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2022.

Kamis (08/09/2022), bertempat di Gedung Grhadika Bina Praja, hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah, saat menghadiri kegiatan Optimalisasi Program JKN Kab. Demak bersama jajarannya dengan dihadiri langsung Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Semarang.

Disampaikan oleh Bupati yang akrab disapa Mbak Eisti, bahwa setidaknya terdapat sejumlah 1.083.872 warga Kab. Demak telah terdaftar JKN-KIS dari total penduduk 1.218.890 jiwa per semester I tahun 2022.

“Dengan jumlah itu tentu capaian Universal Health Coverage (UHC) Kab. Demak sampai dengan September 2022 sebesar 88,92%. Hal ini perlu menjadi perhatian dan tugas kita bersama, untuk memacu semangat dalam mengoptimalisasi keikutsertaan warga dalam program JKN-KIS. Sehingga mampu mempercepat tercapainya UHC minimal 95% tahun 2022,” paparnya.

Lebih lanjut Mbak Eisti berharapa agar seluruh kepala perangkat daerah dapat menindaklanjuti Instruksi Bupati ini sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Semua itu untuk mendukung optimalisasi program JKN Kab. Demak, untuk ikut serta berpartisipsi aktif dalam memebrikan sosialisasi kepada masyarakat terkait kewajiban menjadi peserta JKN-KIS.

Dirinya pun berharap adanya dukungan seluruh perangkat daerah agar dapat turut mengimbau elemen di bawahnya untuk memiliki kepesertaan JKN aktif. Kemudian memberikan dukungan lainnya seperti mekanisme pembayaran JKN dengan skema tunggal.

“Setelah semua itu kemudian Pemkab Demak dapat mendorong perusahaan swasta untuk melakukan donasi atau CSR bagi masyarakat di Kabupaten Demak melalui program JKN,” pungkasnya.

Baca Juga :   Refleksi Sambut HUT RI, Mbak Eisti Tekankan Semangat Juang Bung Karno

Koresponden : Hana – Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here