H. Sunarna Gelar Bimtek Peningkatan Petani

0
Foto: Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani

Kabupaten Banyumas- Anggota DPR RI Fraksi PDI  Perjuangan, H. Sunarna, menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan penyuluh di Provinsi  Jawa Tengah dengan menggandeng Politenik Pembangunan Pertanian Yogyakarta-Magelang, Kamis  (1/4/2021).

Kegiatan Bimtek di hadiri Kabid. Penyuluhan dan Bina Usaha Kab. Banyumas, Ir. Tjut Viviani Kemala, Wakil Direktur I Polbangtan Yogyakarta-Magelang, Dr. Ir. Sujono, serta petani porang, dan Gapoktan di wilayah kab. Banyumas. Acara bertempat di Aula Kamandaka Hotel Aston Purwokerto.

Foto: Peserta Bimtek Peningkatan Kapasitas Petani dan Penyuluh di Provinsi  Jawa Tengah

Melalui zoom meeting, H. Sunarna menyampaikan, bahwa peluang porang sangat terbuka lebar dan harganya sangat bagus. Maka dari itu, ia berharap peserta dapat berinovasi supaya bisa memanen porang dengan tepat, sebab market akan selalu ada dan bertambah tiap tahunnya.

“Kita harus berinovasi dan tetap belajar, serta jeli melihat peluang market, terutama di bidang budidaya porang. Meski waktu panen yang cukup lama, tapi harga porang sangat bagus,” kata H. Sunarna.

Semenatara Ir. Tjut Viviani Kemala, dalam sambutnya meminta acara ini dapat memotivasi kepada para petani, serta meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan komoditas yang unggul dan bernilai ekonomi tinggi seperti  porang, kapulaga dan lainnya.

“Komodititas yang tinggi juga harga jual yang bagus, dapat mendongkrak permintaan pasar dan ekspor. Perluasan budidaya porang juga diperlukan karena adanya permintaan tinggi dari negara lain seperti China dan Vietnam,” kata Ir. Tjut Viviani Kemala.

Di sisi lain, Dr. Ir. Sujono, sebagai pemateri mengatakan, “ini harus ada tindakan lanjut dan langkah konkrit terkait usaha budidaya porang di wilayah kab. Banyumas. Juga langsung didampingi pelaku yang berskala nasional dan ada motivasi supaya tidak hanya sampai pada pertemuan kali ini, tapi ada aktivitas pengembang,” tutupnya.

Baca Juga :   Udztadzah Nok Farkhatun Misbah Lakukan Silaturahmi Bersama Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tegal

Koresponden: Rizka Uly Dayanti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here