Fraksi PDI Perjuangan Kebumen Minta APBD Perubahan Prioritaskan Pemulihan Ekonomi

0
Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan Kebumen, Tatag Sajoko

Kabupaten Kebumen – PDI Perjuangan melalui Fraksi di DPRD Kebumen meminta agar perubahan APBD tahun anggaran 2021 fokus pada pemulihan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19.

Hal tersebut disampaikan saat Paripurna DPRD Kebumen dengan agenda pandangan akhir fraksi atas Raperda tentang perubahan APBD 2021. Fraksi PDI Perjuangan sepakat dengan badan anggaran bahwa perubahan APBD tahun anggaran 2021 harus tetap dilandasi semangat untuk terus berikhtiar mewujudkan tujuan dan sasaran pembangunan daerah yang telah ditetapkan.

“Dalam dokumen yang telah ditetapkan tentang perencanaan pembangunan daerah tahun 2021 yang bertemakan pemulihan perekonomian daerah dan kehidupan sosial bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan,” kata Juru Bicara Fraksi, Tatag Sajoko, Senin (13/9/2021).

Fraksi PDI Perjuangan juga menekankan perubahan APBD ini memiliki 5 prioritas yaitu pemulihan ekonomi daerah, percepatan penanggulangan kemiskinan dan pengurangan pengangguran.

Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia dan layanan sosial dasar masyarakat, pemulihan daya saing daerah yang didukung dengan penyediaan infrastruktur berkualitas dan berkelanjutan dan peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan penciptaan kondusifitas wilayah.

Fraksi PDI Perjuangan berharap kedepan, proses penyusunan dokumen perencanaan tahunan atau RKPD baik murni maupun perubahan yang merupakan landasan dalam penyusunan dokumen penganggaran, dilaksanakan dengan berpedoman pada Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2021.

“Semua pemangku kepentingan dapat menjalankan kewajiban dan memperoleh haknya sesuai dengan ketentuan yang ada,” ucapnya.

Fraksi PDI Perjuangan juga sepakat dengan Badan Anggaran bahwa pembahasan perubahan APBD tahun anggaran 2021 harus didasarkan pada pembacaan dan analisis data capaian pembangunan daerah pada semester pertama tahun 2021.

“Kami juga menekankan kembali implementasi peraturan daerah tersebut terutama terkait prosedur dan kerangka waktu untuk dapat kita perhatikan bersama. Evaluasi semester 1 tahun 2021 ini sangat penting untuk melihat pos-pos mana saja dalam prioritas pembangunan daerah yang perlu dikuatkan,” pungkasnya.

Baca Juga :   Komunitas Juang Kabupaten Semarang Gelar Restrukturisasi

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here