Fokus Ketua DPRD Kab. Banyumas Re-alokasi Anggaran untuk Kepentingan Rakyat

0
314

Kabupaten Banyumas – Dalam menghadapi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, khususnya di kabupaten Banyumas, Ketua DPRD kabupaten Banyumas, dr. Budhi Setiwan menyatakan bahwa PDI Perjuangan kabupaten Banyumas siap mengawal refokusing anggaran untuk penanganan Covid-19 di kabupaten Banyumas. Pernyataan tersebut disampaikan, Senin (27/04/2020).

Budhi Setiwan mengatakan, anggaran yang dikelola melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) baik bersumber dari Pemerintah Pusat dalam bentuk DAU, DAK maupun yang bersumber dari Pemerintah Provinsi dalam bentuk bantuan Keuangan Provinsi hingga APBD yang bersumber dari Pendapatan Asli Daerah. Selain itu, terdapat dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) yang dibagi kedalam 3 tahap, yaitu pada tahap pertama sebesar Rp. 3,8 Miliar, tahap kedua sebesar Rp. 58 Miliar serta tahap ketiga sebesar Rp. 131 Miliar. Setiap kegiatan selain pencegahan dan penanganan Covid-19 akan ditunda untuk sementara waktu yang kemudian dialihkan untuk pemenuhan kebutuhan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di kabupaten Banyumas.

Dalam hal ini, ketua DPRD kabupaten Banyumas melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas terkait kesiapan dalam penyaluran bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Banyumas yang sudah masuk ke dalam anggaran tahap pertama.

Budhi Setiwan menambahkan, sebagai Partai pelopor, PDI Perjuangan harus ikut berpartisipasi aktif dalam hal pengalokasian anggaran yang berpihak kepada rakyat. Mengacu pada SKB (surat keputusan bersama) dari dua menteri yaitu Menteri Keuangan dan Menteri Dalam Negeri. Perda tersebut diterbitkan dalam bentuk Peraturan Bupati No. 2 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit di kabupaten Banyumas. Hal tersebut merupakan keputusan bersama antara Pemerintah kabupaten Banyumas dengan DPRD kabupaten Banyumas. Dengan demikian, perhatian DPRD kabupaten Banyumas dalam melakukan penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di kabupaten Banyumas dinilai telah maksimal.

Baca Juga :   Perkuat Kandang Banteng DPD PDI Perjuangan Lantik Kader Komunitas Juang Jawa Tengah ke-8

“Pada kesempatan ini, saya juga akan membagikan sebanyak 27.000 masker ke 27 PAC yang ada di kabupaten Banyumas. Masker tersebut nantinya akan dibagikan kepada masyarakat melalui pengurus PAC di setiap kecamatan,” tutup Budhi Setiwan yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan kabupaten Banyumas.

Koresponden: Egar