Dulang Prestasi Melalui Duta GenRe, CKJ Nanda Tekankan Pentingnya Sinergitas Pemuda

0
Calon Kader Juang, Agustinus Ferdinand Sanda Wijaya

Kabupaten Temanggung – Pemuda pada hakikatnya memegang peran strategis dalam setiap sendi kehidupan. Pemuda sendiri menyandang marwah sebagai agen perubahan perogresif yang mesti diaktualisasikan dengan tindakan konkret. Masa depan sebuah bangsa baik di lingkup nasional, regional, bahkan percaturan global tentunya dipengaruhi oleh sinergitas peran pemuda dengan segala kompetensi dan kapabilitas yang dimilikinya.

Aspek sosial kemanusiaan merupakan sebuah bidang kehidupan yang harus mendapatkan perhatian dari seluruh stakeholders, termasuk dari dari diri seorang pemuda. Bagaimanapun juga, pemuda saat ini memiliki tanggung jawab ideologis untuk berpartisipasi aktif serta berkontribusi menciptakan progresivitas kehidupan masyarakat. Ketika pemuda mampu untuk mengaktualisasikan perannya dengan optimal, maka tentu kehidupan masyarakat akan mengalami kemajuan yang juga akan berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan sosial.

Salah satu Calon Kader Juang bernama Agustinus Ferdinand Sanda Wijaya mencoba untuk mengaktualisasikan tugas ideologis tersebut melalui program integratif yang dicanangkan oleh BKKBN Kabupaten Temanggung. Berkompetisi dengan berbagai putra terbaik daerah di wilayah Kabupaten Temanggung merupakan sistem yang dibangun oleh BKKBN guna memilih satu pemenang baik putera maupun puteri yang akan menjadi Duta GenRe (Duta Generasi Berencana). Bukan hanya sekedar kompetisi, hal ini tentunya diharapkan mampu membentuk jaringan yang kuat di antara peserta untuk berpartisipasi aktif memberikan sinergitas di bidang sosial kemanusiaan.

Melalui seleksi yang kompetitif, sosok pemuda yang kerap disapa Nanda ini mampu mencapai tahap sepuluh besar untuk nantinya masuk ke seleksi tahap final penjurian. Baginya, hal ini merupakan langkah untuk mengabdi kepada masyarakat terkait dengan bidang sosial kemanusiaan. Berada di bawah naungan BKKBN, Duta GenRe ini nantinya bukan saja hanya sebagai agen untuk mempromosikan pentingnya menjaga pergaulan yang sehat, menikah dengan usia yang matang, maupun pentingnya memahami program Keluarga Berencana. Di sisi lain, Duta GenRe ini harus mampu menunjukkan partisipasinya dalam rangka meningkatkan kecerdasan, keterampilan, dan kecakapan remaja di Kabupaten Temanggung sehinga tumbuh menjadi generasi bangsa yang unggul dan tangguh.

Baca Juga :   dr. Budhi: Selamat HUT ke-450, Banyumas Sehat Banyumas Kuat

Nanda menuturkan jikalau langkahnya ini ditujukan dalam rangka mengabdi kepada tanah air dan bangsa. ”Komunitas Juang memberikan saya penyadaran dan pencerahan untuk terus memberikan kontribusi terbaik di segala sendi maupun lini kehidupan. Aspek sosial kemanusiaan bagi saya harus mendapatkan perhatian, utamanya dari para pemuda. Ketika dalam diri pemuda ini tumbuh kesadaran, keinginan, serta ditambah dengan tindakan dalam rangka mengabdi kepada masyarakat, maka bukan tidak mungkin jikalau kedepannya akan terbentuk kesejahteraan dan harmonisasi sosial kehidupan masyarakat,” pungkas Nanda.

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here