DPRD Karanganyar Realokasi Anggaran Puluhan Miliar untuk Penanganan Covid-19

0
195

Kabupaten Karanganyar – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karanganyar dan Pemerintah Kabupaten Karanganyar menyepakati bersama realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar 65 Miliar.

Bagus Selo, Ketua DPRD Kabupaten Karanganyar menyampaikan langkah realokasi anggaran Rp. 65 Miliar sebagai wujud keseriusan dalam penanganan Pandemi Covid-19.

“Adapun kebutuhan 65 Miliar tersebut meliputi 14 Miliar untuk penanganan kesehatan, 20 Miliar untuk dampak sosial meliputi usaha-usaha kecil yang tidak berjalan di saat pandemi Covid-19, 29 Miliar untuk jaring pengaman sosial seperti pembagian sembako di luar BPNT dan PKH,” ujar Bagus Selo.

“Pelaksanaan tersebut mengacu pada SKB Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan tentang Percepatan Penyesuaian APBD 2020 dalam Rangka Penanganan Covid-19, sesuai Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19,” lanjut Bagus Selo

Bagus Selo menambahkan, karena banyaknya program dari kabupaten dan desa, maka terlebih dahulu dilakukan pendataan agar tidak terjadi tumpang tindih, karena kalau tumpang tindih berapapun tidak cukup dan pemerintah daerah memberi himbauan untuk saling bergotong-royong.

“Regulasi Covid-19 adalah intruksi Mendagri No. 1 Tahun 2020 dan Permendagri No. 20 Tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covid-19 di lingkungan pemerintah daerah. Keputusan bersama Mendagri dan Menteri Keuangan No.177/KMK 07/2020 tentang APBD Daerah Tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 serta pengamanan daya beli masyarakat dan perekonomian Nasional. PMK No. 35 Tahun 2020, tentang pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun 2020 dalam rangka penanganan Covid-19 dan atau menghadapi ancaman perekonomian nasional,” terang Bagus Selo.

Menurut pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Karanganyar, dengan adanya realokasi anggaran ini, semoga dapat membantu beban masyarakat yang diakibatkan dari adanya Pandemi Covid-19 ini.

Baca Juga :   Peringati Hari Kartini, Andang Ajak Anggota DPRD Dapil Jateng 3 Monitor Kab. Jepara

Menurut Ketua Fraksi, Lastri Listyowati, S.E., dalam kondisi seperti ini, kita harus mendorong dan mendukung pemerintah dalam melakukan realokasi dan refocusing anggaran untuk penanganan wabah dengan belanja prioritas untuk kesehatan maupun jaring pengaman sosial, serta dunia usaha dan UMKM yang terdampak dan mendorong pemerintah untuk tetap menjaga distribusi alat kesehatan maupun ketahanan logistik dan juga bantuan langsung kepada masyarakat yang betul-betul terdampak, bagaimana memberikan solusi agar ekonomi tetap bergerak. Pemerintah juga harus terus memberikan bantuan pendampingan bagaimana mekanisme penyalurannya dan pengawasannya agar penyalurannya efektif dan juga tepat sasaran.

Koresponden: Bayu dan Boby