DPC PDI Perjuangan Temanggung Gelar Sosialisasi dan Simulasi Tanggap Bencana

1
DPC PDI Perjuangan Temanggung dan BPDB Kab. Temanggung

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka menguatkan kapasitas serta mengoptimalkan tugas dan fungsi Partai, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung menggelar kegiatan pelatihan mitigasi bencana. Adapun kegiatan ini dilaksanakan dengan bentuk sosialisasi dan simulasi bencana yang dilaksanakan di Aula Kantor BPBD Kabupaten Temanggung, Jl. S. Kadar 5 Maron No. 21 Area Sawah Gilingsari Temanggung. Rabu (26/10/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung Yunianto SP, Sekertaris DPC Intan Kurniasari, Koordinator Baguna DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung Sutekno, 7 komandante, 4 Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Anggota Rescue, dan 19 Anggota Baguna DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung. Kegiatan sosialisasi dan simulasi ini bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung sebagai entitas profesional yang dikelola oleh pemerintah daerah.

Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Temanggung, Yunianto memberi sambutan

Dalam acara ini dijelaskan mengenai pentingnya kesiapsiagaan Baguna dalam penanggulangan bencana alam, baik bencana alami maupun non alami. Kegiatan mitigasi tersebut meliputi pemahaman terkait jenis-jenis bencana, dampak yang terjadi kepada masyarakat, serta cara penanggulangannya. Dalam praktik simulasi, BPBD mencontohkan bagaimana meminimalisir serta menanggulangi kebakaran dan gempa bumi. Melalui sosialisasi dan simulasi bencana ini, diharapkan para peserta kegiatan dapat tanggap dan selalu siap dalam dalam menjalankan tugasnya sebagai pelopor kesiapsiagaan terhadap bencana.

Saat ini, kebakaran di tengah padatnya pemukiman penduduk adalah hal yang sangat riskan terjadi. Mengingat dampaknya yang merugikan baik secara material maupun non material, BPDB akhirnya memberikan simulasi intensif terkait penanganan dan penanggulangan bencana tersebut.

DPC PDI Perjuangan Kab. Temanggung gelar simulasi penanganan bencana

Sutekno menyampaikan bawasanya edukasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana. Dengan dilaksanakannya sosialisasi ini, para peserta diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahamannya di bidang tanggap darurat kebencanaan serta mengetahui tindakan apa yang harus dilakukan saat berlangsungnya proses evakuasi.

Baca Juga :   Bupati Purbalingga Intensifkan Program Regenerasi Petani

‚ÄúSebagai partai pelopor yang senantiasa mengorientasikan programnya dalam rangka mengabdi kepada masyarakat, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Temanggung tidak hanya bergerak dalam bidang demokrasi dan elektoral saja. Kita sudah mengembangkan sayap partai dengan tugas humanistik, salah satunya dengan mengabdi kepada masyarakat. Inilah bentuk konkret tindakan kita di bidang sosial kemanusiaan. Sebagai manusia kita harus saling asah, asih, dan asuh. Melalui sosialisasi dan simulasi ini diharapkan nantinya anggota Baguna dapat mengaplikasikannya di lapangan,” tutup Yunianto SP.

Koresponden: Enggar – Zidan

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here