DPC PDI Perjuangan Kota Magelang Memperingati Hari Pancasila dengan Cara Modern

0
223

Kota Magelang – Dalam memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, DPC PDI Perjuangan Kota Magelang mengadakan acara dengan berkolaborasi bersama Komunitas Seni Kota Magelang, yaitu Komunitas Pinggir Kali.

Acara bertemakan Inspirasi dan peri Keteladanan Bung Karno tersebut dikemas dengan siaran Live Youtube. Mengingat, dengan adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan para seniman untuk berkarya di rumah. Acara tersebut dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB, bertempat di Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Magelang, Senin (1/6/2020).

Sebagai narasumber dalam acara tersebut, Wakil Ketua Bidang Buruh, Tani, Nelayan, Perempuan dan Anak, Pemuda dan Olahraga DPC PDI Perjuangan Kota Magelang, Dra. Rahayu Kandiwati serta Dosen DPP Fisipol Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Joash Tapiheru, PhD Cand.

Bulan Juni merupakan bulan yang bersejarah bagi PDI Perjuangan. Sebab, pada bulan Juni banyak peristiwa sakral yang berkaitan dengan Founding Father Bung Karno. Salah satu peristiwa tersebut adalah peristiwa 1 Juni. Pada tanggal 1 Juni, Bung Karno mendeklarasikan Butir-Butir Pancasila. Dengan adanya peristiwa tersebut, maka tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila.

Acara di isi dengan sesi tanya jawab mengenai peristiwa 1 juni, menyikapi marhanisme tentang Bung Karno serta menghadapi penyebaran virus Covid-19. Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pertunjukan sanggar tari serta pelaku seni Kota Magelang.

Dra. Rahayu Kandiwati berpesan kepada generasi muda untuk menggunakan gawai dengan cerdas. Mengingat, di tengah pandemi Covid-19 tidak banyak kegiatan yang dapat dilakukan yang disebabkan oleh banyak daerah yang melakukan lockdown.

“Dengan menggunakan gadget, akan mengingatkan kita untuk memperbanyak literasi agar tidak salah memperoleh informasi di media sosial,” tutupnya.

Koresponden: Taufiq

Baca Juga :   Mbak Ita Ajak Warga Kota Semarang Berkebun