Dongkrak Produktivitas Sektor Pertanian, Pemkab Kebumen Bagikan Bantuan Alsintan

0
Foto: Pemkab Kebumen membagikan 52 alat mesin pertanian

Kabupaten Kebumen – Sebagai bentuk dukungan terhadap sektor pertanian, Pemkab Kebumen membagikan 52 alat mesin pertanian (alsintan) ditujukan kepada para Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan Kelompok Tani (Poktan).

Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih menyampaikan, bantuan alsintan diharapkan mampu mendongkrak produktivitas sektor pertanian di Kebumen. Untuk itu, ia meminta agar bantuan yang diberikan dapat digunakan secara optimal mengingat potensi pertanian di Kebumen dinilai cukup besar.

“Berbicara pertanian di Kebumen, banyak peluang yang bisa kita ambil, ini bentuk perhatian Pemkab Kebumen supaya para petani lebih bersemangat dalam menggarap lahan,” jelasnya, Senin (9/8/2021).

Bantuan alsintan tersebut, diberikan secara gratis dengan pembiayaan kegiatan penyerahan dibebankan kepada DPA-OPD tahun anggaran 2021. Pemkab berupaya mendorong modernisasi pertanian melalui penerapan mekanisasi dengan alsintan di tingkat petani. Penggunaan alsintan menjadi penting karena mampu meminimalisir losses.

Menurut Rista, sektor pertanian merupakan sektor penting menghadapi pandemi Covid-19. Stabilitas ketahanan pangan menghadapi pandemi sangat bergantung pada hasil produksi pertanian.

“Begitu besar peran para petani kita, apalagi sedang menghadapi pandemic saat ini. Dari sebutir nasi di dalamnya ada perjuangan para petani. Maka kita perhatikan betul. Tidak menutup kemungkinan Kebumen menjadi salah satu wilayah lumbung pangan Jawa Tengah,” jelasnya.

Adapun 52 bantuan Alsintan yang diberikan antara lain, batuan traktor roda dua sebanyak 21 unit diberikan kepada 19 gapoktan/poktan. Bantuan 16 Pompa Air diberikan kepada 16 Gapoktan/Poktan.

Lalu ada ada juga bantuan 13 unit Cultivator yang diberikan kepada 13 Gapoktan/Poktan. Ditambah lagi bantuan 2 unit Power Thresher untuk 2 Gapoktan/Poktan. Dalam kesempatan itu, Pemkab juga memberikan bantuan dana talangan pangan untuk 7 Gapoktan/Poktan total Rp1,5 Miliar.

Sementara itu, Suharyono mewakili para Gapoktan dari Gapoktan Sari Indah, Karangsari, menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran Pemkab Kebumen yang sudah memberikan perhatian lebih kepada para petani dengan adanya bantuan ini.

Baca Juga :   Kerja Nyata Kader Komunitas Juang Kab. Banyumas di Tengah Masyarakat

“Bantuan ini sangat bermanfaat, karena di zaman yang modern ini kalau hanya mengandalkan tenaga manual itu sangat susah dan ketinggalan. Jadi harus didukung dengan tenaga modern, melalui mesin-mesin ini. Jelas ini sangat membantu meningkatkan produktivitas panen kami,” ungkapnya.

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here