CKJ Esti: Menjadi Petani itu Tidak Perlu Gengsi

0

Kabupaten Temanggung – Sebagai kader Komunitas Juang, yang sudah tentu memiliki semangat untuk memanjukan komoditas di sektor agraris. Calon Kader Komunitas Juang (CKJ) Kab. Temanggung, CKJ Esti Nur Afifah memiliki semangat  menumbuhkan dan mengembangkan usaha pertanian, khusus pada komoditas tembakau.

Terlahir dari keluarga sederhana dan hidup di lingkungan petani tembaku, membuatnya terbiasa, serta sering ikut andil dalam setiap proses pengelolaanya. Terlebih di wilayahnya Kec. Tretep yang berada di sisi Utara Kab. Temanggung, pada hakikatnya merupakan kawasan stratergis yang sangat potensial untuk dikembangkan, khususnya pada sektor pertanian komoditas tembakau.

Foto: CKJ Esti Sedang Merawat Tembakau yang Ditanamnya

Sadar bahwa membantu orang tua merupakan sebuah kewajiban bagi seorang anak, disamping kesibukannya sebagai seorang siswa yang duduk di bangku sekolah menengah atas, CKJ Esti akhirnya memutuskan diri untuk ikut berkecimpung di pengelolaan komoditas Tembakau.

“Menjadi seorang petani itu tidak perlu gengsi karena mayoritas masyarakat Kab. Temanggung hidup juga karena hasil dari usaha pertanian,” ungkap CKJ Esti pada saat disambangi tim Derap Juang, Senin (24/5/2021).

Selain itu, CKJ Esti juga percaya jika praktik pertanian harus dilaksanakan dengan mengedepankan aspek sustainable development. Hal ini dilakukan dalam rangka menjaga keberlangsungan eksosistem dan stabilitas ekologis. Ketika hal ini terjaga dan lestari, maka masyarakat tentunya masih akan terus mendapatkan hasil yang optimal dari sektor pertanian.

“Bertani adalah refleksi konsep Marhaenisme. Makna dari pemikiran ini adalah bagaimana untuk menciptakan kemandirian ekonomi, bukan malah melakukan praktik kapitalistik yang enggan untuk memperhatikan keseimbangan alam. Bagi saya, bertani bukan sekedar tentang mencari keuntungan saja, akan tetapi juga bagaimana kita bisa mengaktualisasikan sustainable development yang komprehensif,” pungkas CKJ Esti.

Baca Juga :   Semarak Idul Adha, PDI Perjuangan Purworejo Gelar Lomba Video Kreatif

Koresponden: Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here