Bupati Kebumen Luncurkan Program Tani Mulyo

0

Kabupaten Kebumen – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto meluncurkan program 100 hari kerja. Program yang diberi nama “Tani Mulyo”, resmi diluncurkan untuk mendukung ketahanan pangan di Kab. Kebumen. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Kebumen, Anggota DPRD Kab Kebumen, Gudang Bulog dan RMU, serta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Senin, (5/4/2021).

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto meluncurkan Program Tani Mulyo

Acara launching ditandai dengan penyerahan bantuan sebanyak 62.100 kg Padi Inhibrida, kepada 100 Gapoktan, yang berada di 10 Kecamatan. Selain itu, kegiatan tersebut tetap mengutamakan Protokol Kesehatan.

Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengatakan, pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin oleh UUD 1945. Arif menambahkan, hal ini juga sebagai komponen dasar, dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Foto : Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto

“Pada saat panen raya, khususnya di daerah sentra, produksi melimpah melebihi kebutuhan konsumsi, sehingga harga cenderung turun sampai tingkat yang kurang menguntungkan bagi petani. Sebaliknya, pada saat pasokan berkurang, harga cenderung meningkat, sehingga dapat memberatkan konsumen. Berbagai upaya dilakukan dalam melindungi, serta memberdayakan petani, kelompok tani, dan Gapoktan terhadap jatuhnya harga gabah, maupun beras di saat panen raya dan juga masalah aksesibilitas pangan. Maka dari itu, Pemerintah telah menganggarkan bantuan pinjaman dana talangan pengadaan pangan Tahun 2021 sebesar Rp.1.500.000.000, yang akan disalurkan kepada 31 Gapoktan, maupun kelompok tani,” pungkasnya.

Koresponden : Sofian Aniffudin, S.E.

Baca Juga :   Anggota DPR RI Kembali Buktikan Kepedulian untuk Kader Partai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here