Bupati Demak Beri Bantuan RTLH kepada Warga Desa Karangsono

0
Foto; Bupati bersama Ketua DPRD Demak berikan simbolis bantuan RTLH kepada masyarakat penerima manfaat

Kabupaten Demak – Pemkab Demak bersama Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Demak memberikan bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada sejumlah warga di Desa Karangsono, Kec. Mranggen, Rabu (28/09/2022).

Bupati Demak, dr. Hj. Eisti’anah yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan, apabila Bantuan Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (BP-RTLH) ini merupakan salah satu upaya penanganan kemiskinan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal, yaitu melalui perbaikan/rehabilitasi kondisi RTLH.

“Ini sangat penting mengingat rumah sebagai tempat tinggal. Tidak hanya sebatas sebagai tempat berteduh semata, tetapi juga sebagai media interaksi sosial keluarga,” ungkapnya.

Menurutnya, program bantuan perbaikan rumah ini sangat membantu masyarakat. Selain untuk menyediakan rumah layak huni, bantuan ini juga dapat memacu tumbuhnya kesadaran, kemauan, dan kepedulian masyarakat dalam menciptakan kondisi perumahan yang layak huni dalam lingkungan yang sehat dan teratur.

“Harapannya, program ini bisa meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat, serta dapat menjadi referensi bagi Pemerintah guna mengurangi angka kemiskinan di Kab. Demak. Oleh karena itu saya minta kepada pihak terkait untuk selalu update data valid secara berkelanjutan,” sambungnya.

Hal tersebut menjadi pesan penting Bupati karena diharapkan dapat menjadi panduan agar tidak terjadi pelaksanaan program yang tidak tepat sasaran, tidak tepat anggaran, maupun tidak tepat waktu.

Sementara itu Ketua DPRD yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Demak, Fahrudin Bisri Slamet mengungkapkan, apabila penyaluran bantuan ini sebagai upaya stimultan agar seluruh pihak bantu membantu untuk mengatasi RTLH di wilayah masing-masing.

“Kegiatan ini merupakan Tahap Kedua yang berjumlah 320 unit. Setelah sebelumnya Tahap pertama berjumlah 642 unit,” pungkasnya.

Diketahui, jumlah penerima manfaat di Desa Karangsono adalah sebanyak 99 unit, serta mendapatkan bantuan sebesar 15 juta rupiah setelah melalui verifikasi dan validasi masyarakat layak bantu.

Baca Juga :   Bantu UMKM Lokal, Masan: Potensi untuk Kudus

Koresponden : Hana – Rahmad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here