Bupati Arif Akan Bangun Kawasan Indutri Bahari di Pesisir Selatan Kebumen

0
Foto: Bupati Kab. Kebumen, Arif Sugiyanto dalam Silaturahim di Masjid Al-Kohar

Kabupaten Kebumen – Pemerintah Kab. Kebumen akan mengembangkan kawasan industri bahari. Tujuan dari pengembangan ini yaitu untuk mengoptimalkan potensi yang ada, mengingat Kab. Kebumen memiliki garis pantai sepanjang 57,5 kilometer, termasuk lahan kawasan industri, namun hingga kini belum tergarap dengan baik.

Hal itu disampaikan Bupati Kab. Kebumen, Arif Sugiyanto usai melaksanakan shalat Tarawih berjamaah dan silaturahim di Masjid Al-Kohar Desa Banjarejo, Kec. Puring, Minggu (25/4/2021).

Foto: Bupati Arif Membagikan Paket Sembako dan Masker Kepada Masyarakat

Bupati Arif juga mengatakan, pembangunan kawasan industri bahari ini menjadi upaya untuk memanfaatkan lingkungan alam, khususnya sebagai sumber daya sosial dan ekonomi. Dia berharap proyek ini dapat segera terwujud di tahun 2021 agar bisa mendorong kesejahteraan ekonomi masyarakat, khususnya di pesisir Selatan Kab. Kebumen.  

“Mulai dari Kec. Puring, Petanahan hingga Kec. Klirong ini akan kita manfaatkan sebagai kawasan industri bahari. Di dalamnya nantinya ada tempat pengolahan ikan maupun udang. Kami usahakan, tahun ini bisa terealisasi. Jika ini terwujud saya yakin kesejahteran masyarakat akan meningkat,” kata Bupati Arif.

Selain itu, pihaknya menilai hasil panen para petambak udang belum cukup maksimal. Dalam sekali musim panen, para petambak hanya bisa menghasilkan 5 sampai 7 ton per hektare. Padahal, apabila dikelola secara profesional bisa memperoleh hasil hingga 35 sampai 40 ton. “Melalui industri bahari ini, sistem pengelolaannya akan ditata secara profesional sehingga memperoleh hasil yang maksimal,” imbuhnya.

Disisi lain, Bupati Arif juga menjelaskan terkait penerapan Protokol kesehatan Sholat Taraweh di Masjid ini sudah berjalan dengan baik. Diujung acara, Bupati Arif juga bekesempatan memberikan masker dan sembako, serta kuis berkah Ramadhan berhadiah bagi yang bisa menghafal tembang sholawat dan Pancasila.

Baca Juga :   Semangat dan Doa Persatuan Wanita Katolik Indonesia Untuk Sri Sumarni

Koresponden: Sofian Aniffudin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here