Budi Agung Bawa Milenial Juarai Lomba Carnaval Seni Budaya

0

Kabupaten Purbalingga – Salah satu kegemaran Wakil Sekretaris Internal DPC PDI Perjuangan Kab. Purbalingga, Budi Agung Prasetyo adalah mendatangkan prestasi. Terbaru, melalui kepiwaiannya mengolah seni Kengongan (Thek-thek), Budi Agung Prasetyo berhasil membimbing anak-anak muda untuk meraih Juara satu dalam lomba Carnaval Seni dan Budaya Piala Bupati Purbalingga. Carnaval Seni dan Budaya Piala Bupati Purbalingga tahun 2022 diikuti oleh 18 grup, mewakili Kecamatan masing-masing yang dilaksanakan di Alun-alun Purbalingga, Sabtu (28/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Agung mengatakan,”Alhamdulillah ini ke delapan kalinya mendapatkan Juara satu. Tentunya, ini atas gotong royong, yang kemudian dengan sajian penampilan yang ciamik ditunjukan oleh para pemain, sehingga bisa membawa dewan juri dan penonton merasakan pertunjukan yang indah, serta enak didengar,” ujar Agung, yang juga KomandanTe Bintang Dua Kab. Purbalingga.

Gelaran Carnaval Seni dan Budaya Piala Bupati Purbalingga tahun 2022.

Agung menambahkan, dalam gelaran tersebut, Agung mengangkat sajian pertunjukan dengan tema, “Asal Mulane Kentongan” (awal cerita adanya kentongan ) saat para pemuda, orangtua sedang duduk-duduk menjaga keamanan lingkungan pada malam hari, agar terhindar dari pencuri dengan menggunakan kentong yang terbuat dari bambu.

Kentongan, selain sebagai alat penanda kentraman wilayah, kini berjalannya waktu disulap menjadi kesenian yang diidamkan oleh masyarakat, karena bunyinya yang enak dan ditambah dengan gerak tari yang indah dipandang. Melalui kesenian Kentongan ini, Agung merekrut anak-anak milenial untuk diajarkan seni kentongan yang asli dari budaya Banyumasan.

“Ini juga sebagai bentuk implementasi ajaran Bung Karno, yaitu Berkepribadian Dalam Kebudayaan yang saya ajarkan untuk generasi muda. Hal itu agar, budaya asli Banyumasan ini tidak punah, serta terus dikembangkan dalam waktu ke waktu,” imbuhnya.

Baca Juga :   Sri Sumarni: Dana CSR PT. Semen Grobogan Harus Ditingkatkan

Carnaval seni dan budaya ini dilaksanakan dalam acara memperingati Haul Akbar Syekh Ahmad Nahrowi Mutarom Al Banyumasi, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Budaya Kab. Purbalingga yang dalam puncaknya dilaksanakan pengajian akbar bersama Maulana Habib Luthfi bin Yahya.

Koresponden : BAP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here