Bersama Pelaku UMKM, Hartanti Gelar Sosialisasi Pengembangan dan Peningkatan Usaha Mikro

0

Kabupaten Klaten – Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Hj. Hartanti, S.H., M.Si bersama Dinas Perdagangan Koperasi UKM Kab. Klaten menggelar Sosialisasi Pemberdayaan Usaha Mikro di Kab. Klaten. Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Desa Demangan, Kecamatan Karangdowo, serta Desa Bero, Kecamatan Trucuk dan diikuti oleh para pelaku usaha dan masyarakat, Kamis (25/11/2021).

Hj. Hartanti menyampaikan, UMKM mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi, UMKM juga berperan dalam penyerapan tenaga kerja.

“Di tengah Pandemi Covid-19, masih banyak peluang kerja yang bisa dimanfaatkan, agar kegiatan usaha tetap berjalan, bahkan berkembang. Pola pikir yang eksploratif menjadi kunci, agar kegiatan usaha berlanjut di tengah krisis,” tuturnya.

Rangkaian kegiatan Sosialisasi Pemberdayaan Usaha Mikro di Kab. Klaten

Hj. Hartanti menambahkan, dengan seiring berkembangnya zaman teknologi semakin berkembang, sehingga UMKM perekonomian masyarakat harus mengikuti alur perkembangan teknologi untuk mempertahankan eksistensi dalam menjalankan bisnis dan usaha. Sebab, sektor UMKM memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan perekonomian di Indonesia, khususnya di Kab. Klaten.

“Dalam pengembangan masyarakat dengan adanya sosialisasi ini, bertujuan untuk penanaman jiwa kewirausahaan dan bisnis, serta membantu memotivasi masyarakat untuk menjalankan usaha mandiri,” imbuhnya.

Hj. Hartanti juga menjelaskan, dalam membantu pelaku UMKM di Klaten, Pemkab Klaten sudah memikirkan dengan memberikan modal subsidi bunga sebesar 80%. Pemkab Klaten juga sudah peduli dengan pelatihan-pelatihan, serta terkait ijin usaha digratiskan.

“Diharapkan dengan sosialisasi ini, pelaku UMKM semakin melebarkan sayapnya dengan memanfaatkan teknologi pemasaran melalui online/media sosial. Semoga UMKM di Kab. Klaten segera berkembang dan ekonomi masyarakat kembali menggeliat,” pungkas Hj. Hartanti, yang juga Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPC PDI Kab. Klaten.

Baca Juga :   Menjelang HUT Partai Ke-49, DPC Klaten Gelar Konsolidasi

Koresponden : Wawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here