Banteng Muda Pati Kawal Workshop Esai Marhaen

0
Foto: Workshop Perlombaan Karya Esai Marhaen DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah

Kabupaten Pati – Kader Komunitas Juang Pati ikut serta dalam acara Workshop Karya Esai yang diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah. Pada kegiatan ini berlangsung di Panti Marhaen Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, Minggu (25/4/2021).

Sebagai bentuk keikutsertaannya, DPC PDI Perjuangan Kab. Pati mengirimkan 2 peserta dari Komunitas Juang dalam acara tersebut. Acara workshop dibuka oleh Krisseptiana Hendrar Prihadi dan dinarasumberi oleh Gunawan Permadi selaku Pemimpin Redaksi Suara Merdeka.

Foto: Kader Juang Kab. Pati

Dalam materinya, Gunawan memamaparkan teknik penulisan esai, “penulisan karya Esai berbeda dengan tulisan ilmiah, kalau Esai tidak usah panjang-panjang aturannya hanya 2, yaitu penting dan menarik. Penting yaitu berdampak pada orang banyak. Sedangkan cara menjadikan menarik adalah pakai ilustrasi dan contoh kasus yang sedang viral. Jadikan yang penting itu menarik dan yang menarik menjadi penting”, paparnya.

Setelah dilakukan penyampaian materi, selanjutnya dilakukan praktik membuat karya Esai oleh masing-masing peserta workshop. KJ Miftakhul Qomariyah selaku Kader Juang Pati mengatakan, “menurut saya, acara workshop karya Esai sangat bermanfaat untuk menggali kompetensi diri dalam menulis dan menuangkan berbagai konsep dan ide yang kita miliki,” ungkapnya.

Selain itu, dia menilai bahwa penulisan Esai dapat menjadikan penulis lebih aktif mengeluarkan gagasan tidak hanya sebagai penerima informasi. Sehingga setelah acara workshop ini, ilmu yang disampaikan oleh narasumber akan diimplementasikan pada perlombaan karya Esai yang diselenggarakan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Koresponden : Miftakhul Qomariyah

Baca Juga :   Kepedulian Banteng Muda Indonesia Kab. Semarang Terhadap Warga Terdampak Covid-19

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here