Bakti Pengabdian Kader Partai dalam Memajukan Desa

0
Foto: Ketua Ranting Muncar, Kab. Temanggung, Rawuhanto

Kabupaten Temanggung – Kader merupakan seseorang yang mempunyai pemahaman baik secara kognitif, afektif, maupun psikomotorik terhadap visi dan misi sebuah organisasi, terlebih seorang kader PDI Perjuangan.

Seorang kader juga mempunyai jiwa loyalitas untuk mengaktualisasikan cita-cita sebuah organisasi yang orientasinya adalah menebar manfaat bagi lingkup kehidupan masyarakat.

Beralamat di Desa Muncar, Kec. Gemawang, sosok Rawuhanto yang merupakan seorang kader struktural Partai ini dikenal sangat loyal dalam mengabdi kepada masyarakat.

Berbagai upaya konkret telah dilaksanakan dalam rangka memajukan kehidupan rakyat marhaen, utamanya di sektor pertanian. Langkah inisiatif tersebut dilaksanakannya dengan semangat gotong royong, yakni dengan melibatkan partisipasi aktif dari masyarakat.

“Desa Muncar ini memiliki potensi berupa tanahnya yang subur. Kondisi geografis tersebut tentu sangat mendukung bagi pengembangan sektor pertanian khususnya komoditas kopi. Oleh karena itu, kader struktural PDI Perjuangan di Desa Muncar ini saling bergotong royong untuk mengembangkan komoditas kopi yang berkualitas. Baik dari persiapan lahan hingga distribusi produk tentu harus kita kelola dengan baik”, tutur Rawuhanto, Ketua Ranting Desa Muncar, Senin (19/07/2021).

Sosok Rawuhanto juga memiliki prinsip yang teguh di jalan ideologis. Semangat dalam memberikan kontribusi positif dan konstruktif bagi masyarakat adalah fondasi utama yang harus dipegang teguh oleh kader struktural partai. Hal ini dilaksanakannya dalam rangka mewujudkan Trisakti Bung Karno, yakni Indonesia yang Berdaulat Secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Berkebudayaan.

Dalam melaksanakan tugas ideologis tersebut, sosok Rawuhanto menekankan tentang pentingnya kemampuan untuk melihat potensi lokal daerah. Pengamatan yang teliti serta sistematis tentu akan melahirkan konsep yang matang dan terarah. Hal ini tentu akan berimplikasi terhadap proses pengaktualisasian konsep di lapangan yang juga melibatkan inklusivitas masyarakat.

Baca Juga :   Mas Aldi Kembali Pimpin KNPI Pemalang

“Sebagai seorang kader struktural Partai, gotong royong adalah kunci untuk mengemban tugas ideologis. Dengan bergotong royong maka segala tantangan dapat dilalui dengan baik. Di sisi lain, tentu kita juga harus meningkatkan kemampuan dan keterampilan. Hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kegiatan yang bersifat teknis di lapangan”, pungkas Rawuhanto.

Koresponden : Enggar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here