Bagus Selo Sosialisasikan Mitigasi Bencana di Karanganyar

0

Kabupaten Karanganyar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar menggencarkan upaya sosialisasi mitigasi bencana alam. Langkah ini dilakukan sebagai upaya dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana di Bumi Intanpari, agar risiko dampaknya terus berkurang.

Dalam hal ini, Ketua DPRD Kab. Karanganyar, Bagus Selo menggelar Sosialisasi Mitigasi Bencana di Karanganyar. Kegiatan yang juga dihadiri oleh pihak TNI/Polri, serta Forkompinda dan jajarannya, diselenggarakan di di gelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Selasa (12/10/2021).

Ketua DPRD Karanganyar, Bagus Selo sosialisasikan mitigasi bencana

Bagus Selo, yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Karanganyar menuturkan, kegiatan ini menekankan pentingnya kesiapsiagaan, mulai dari diri sendiri, sampai dengan praktek golden time penyelematan dari gempa bumi dan tanah longsor.

“Sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan individu, dalam upaya mengurangi risiko bencana, misalnya, mulai mengenalkan daerah rawan bencana, papan informasi bencana, serta alat-alat penanggulangan bencana. Selain itu, kegiatan itu juga dilakukan praktek atau tindakan emas yang dilakukan pada saat terjadi bencana, agar selamat dari bencana. Sebab, semua orang mempunyai risiko terhadap potensi bencana,” ungkapnya.

Bagus menambahkan, penanganan bencana merupakan urusan semua pihak (everybody’s business). Maka dari itu, perlu dilakukan berbagai peran dan tanggung jawab (shared responsibility) dalam peningkatan kesiapsiagaan di semua tingkatan, baik anak, remaja, sampai dewasa.

“Dalam meminimalisir bencana, perlu dilakukan mitigasi, baik structural, maupun non struktural. Adaptasi dalam penanggulangan bencana perlu ditingkatkan, terlebih dalam tanggap bencana. Saya berharap, dapat terjalin kerjasama yang baik dari semua stakeholder dalam mengantisipasi bencana alam, maupun non alam, seperti Covid-19,” pungkasnya.

Koresponden : Rindu

Baca Juga :   Sidak PT. Pungkook, Sri Sumarni Ancam Tutup Jika Tidak Taati Aturan PPKM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here