Baguna Kota Pekalongan Gelar Simulasi Kebencanaan

0
Foto: Berlangsungnya Simulasi Kebencanaan Baguna Kota Pekalongan

Kota Pekalongan – Baguna DPC PDI Perjuangan Kota Pekalongan bekerja sama dengan BPBD Kota Pekalongan mengadakan aksi simulasi tanggap bencana. Kegiatan ini diadakan di tempat terbuka dan ruangan tertutup, Sabtu (26/6/2021).

Anggota Baguna dilatih untuk menanggulangi kebencanaan, baik kebakaran, gempa bumi, dan bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi bencana tersebut.

Foto: Salah Satu Tutor dalam Simulasi Menerangkan Bagaimana Cara Menanggulangi Kebakaran Akibat Tabung Gas

Jayusman, salah satu tutor dalam simulasi ini menerangkan mengapa kebakaran dapat terjadi dan bagaimana cara menanggulangi kebakaran apa bila terjadi akibat tabung gas. Dirinya juga memberikan tips-tips supaya aman dan terhindar dari bahaya kebakaran. “Mulai sekarang tidak perlu panik, ketahui situasinya dan terapkan langkah yang tepat,” ujarnya.

Dalam simulasi penyelamatan diri saat gempa bumi, Imam, tutor yang memberikan materi terkait gempa bumi menjelaskan, bahwa menyelamatkan diri dari gempa yang cukup penting adalah memastikan tidak berada di dekat barang-barang  yang mungkin saja dapat menyelakakan tubuh, misalnya kaca.

“Salah satu anggota tubuh yang harus kita amankan adalah kepala, saat terjadi gempa tutup kepala anda dengan tangan atau barang yang menurut anda akan dapat melindungi kepala anda, misalnya tas,” ucapnya.

Setelah memberikan contoh bagaimana cara menyelamatkan diri dari gempa, Imam mengajak peserta untuk melakukan simulasi mempraktikan latihan penganggulangan gempa bumi.

Salah satu anggota Baguna DPC PDI Perjuangan Kota Pekalongan, Indah, mengungkapkan bahwa adanya pelatihan ini diharapkan mampu memberikan kesadaran terhadap masyarakat akan pentingnya edukasi yang seperti ini agar dapat meminimalisir dampak atau akibat yang ditimbulkan oleh bencana.

Koresponden: Putri

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Kota Pekalongan Kembali Bantu Korban Banjir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here