BADIKLAT Daerah PDI Perjuangan Jawa Tengah Gelar Webinar Dedication Of Life Soekarno

0
235

Kota Semarang – Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah PDI Perjuangan Jawa Tengah menggelar Webinar Bulan Bung Karno dengan tema “Dedication of Life Soekarno”, Selasa (30/6/2020).

Bertempat di Kantor DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Panti Marhaen), Webinar ini dilaksanakan dari pukul 20.00WIB hingga 21.30WIB. Webinar ini dibuka oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah H. Bambang Kusriyanto, B. Sc dan dimoderatori I Gede Ananta Wijaya Putra selaku Pengurus Badiklat Daerah PDI Perjuangan Jawa Tengah yang juga Ketua Karang Taruna Kota Semarang.

Serta sebagai narasumber adalah; Anggota DPD RI Casytha Ariwi Kathmandu, S.E., M.Fin., Kepala Badiklat PDI Perjuangan Jawa Tengah Drs. St. Sukirno, M.S., Dosen FISIP Universitas Diponegoro Semarang Drs. Turtiantoro, M.Si., Ketua Informasi Publik Jawa Tengah Sosiawan, dan Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Tengah Sonakha Yuda.

Pada Webinar ini Mbak Casytha menekankan untuk adanya peningkatan Partisipasi Politik yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat, terkhusus generasi milenial. Karena dengan hal ini, pastinya dapat mewujudkan cita-cita besar dari Bapak Pendiri Bangsa, yakni Ir. Soekarno.

“Penghayatan atas Dedication of Life Soekarno haruslah dimaknai dengan lebih mendalam, karena nantinya akan memberikan abstraksi penuh tentang kecintaan kita terhadap Bangsa ini. Terlebih untuk teman-teman jangan takut berpolitik, karena apabila politik tidak di warnai dengan pemikiran yang segar, pastinya mewujudkan Bangsa yang besar akan susah,” ungkap Mbak Casytha yang juga dikenal sebagai Duta Jawa Tengah itu.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua Badiklat yang juga dikenal dengan sapaan pak Kirno menjelaskan secara penuh tentang makna yang terkandung pada Dedication of Life Soekarno.

“Saya memiliki pandangan bahwa Dedication of Life ini merupakan wujud cita dan karsa luhur dari seorang sosok yang memiliki kecintaan penuh kepada Bangsa ini. Pemaknaan mendalam ini kemudian diabstraksikan bahwa mencintai Bangsa ini haruslah maksimal. Karena pengabdian sejati adalah ketika seseorang itu memahami dengan pasti bagaimana dan apa yang harus mereka berikan kepada Bangsa nya, bukan justru menuntut nya”, tambah pak Kirno yang juga sebagai Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga :   Berkah Ramadhan untuk Santri Komunitas Juang

Sehingga sesuai dengan hasil diskusi dialogis baik antar narasumber dengan partisipan, memberikan pandangan penuh bahwa penghayatan atas Dedication of Life Soekarno haruslah ditanamkan kepada generasi penerus Bangsa. Hal ini sebagai wujud nyata pembentukan karakter dan jatidiri Bangsa yang senantiasa terjaga dan diteruskan oleh tiap generasi nya.

Koresponden : Saekhul Hana