PAHAM IDEOLOGI, MEMILIKI SKILL

0
201

Calon Kader Komunitas Juang digembleng dengan materi komprehensif agar menjadi kader yang tangguh. Materi pembinaan pertama tentang Ide dan Tata Nilai Kejuangan, meliputi: fungsi dan tugas manusia sebagai makhluk kepada Tuhan, negara dan bangsa; pemahaman tentang ‘isme’ dan ajaran Bung Karno serta Marhaenisme, Pancasila dan spirit gotong royong.

Selanjutnya materi tentang Wadah dan Arena Perjuangan, meliputi: Posisi Indonesia dalam Dinamika Internasional; Organisasi sebagai Alat Perjuangan; Partai sebagai Wadah Perjuangan dan; Dasar-dasar Bernegara.

Kelompok materi Komunitas Kejuang- an, meliputi: Kader Pejuang, Pemuda, dan Masa Depan Republik. Materi terakhir berisi Kelompok materi Gerak Juang, meliputi: Konsep dan metode berjuang, dan Melu memayu hayuning bawono (turut menjaga/melindungi seluruh dunia/alam).

Kelompok materi tersebut menjadi ‘santapan’ wajib dalam setiap tahapan pembinaan. Minimal sepekan sekali bertatap muka selama sekitar 2 (dua) bulan pembinaan, seorang calon kader baru bisa memperoleh semua materi. Penekanan dalam setiap materi disesuaikan dengan kultur setempat dan tingkat tahapan pembinaan agar materi yang disampaikan tidak kontra produktif dan mudah dipahami.

Inti dari penyampaian keempat materi tersebut adalah, memakai istilah Bung Karno, ‘match voorming’, upaya penggalangan kekuatan massa. Pemberian semua materi tersebut bermakna, PDI Perjuangan sebagai partai kader, berupaya nyata mempersiapkan kader-kader partai potensial yang dipimpin oleh ide dan dihikmati ide, bersedia memikul ide, militan dalam perjuangan membumikan ide dan memiliki keterampilan fungsional untuk mendukung program-program kepartaian dan pemberdayaan masyarakat di sektor ekonomi dan sosial-kemasyarakatan.

Baca Juga :   Rapat Persiapan Rekrutmen Komunitas Juang Kudus Angkatan II