Yunianto Launching Varietas Baru Tembakau Kemloko

0
Yunianto
Foto: Yunianto Menyerahkan Dokumen Launching Varietas Tembakau Kemloko 7 dan 8 di Pendopo Pengayoman Temanggung

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto ikut me-launching varietas Tembakau Kemloko 7 dan 8 bersama dengan jajaran Pemkab Temanggung. Adapun giat launching itu dilaksanakan di Pendopo Pengayoman Temanggung. Diketahui, varietas Kemloko 7 dan 8 ini merupakan buah kerjasama antara Pemkab, Kementerian Pertanian, serta Badan Riset dan Inovasi dan Nasional (BRIN).

Yunianto mengatakan jika hadirnya varietas Kemloko 7 dan 8 ini menjadi angin segar untuk produksi tembakau di Temanggung. Pasalnya, varietas tersebut dinilai mempunyai kelebihan dari segi produktivitas tanam. Untuk itu, Yunianto mengajak seluruh petani tembakau untuk ikut mencoba menanamnya.

Foto: Yunianto Mengajak Seluruh Petani Tembakau Temanggung untuk Mulai Ikut Menanam Varietas Kemloko 7 dan 8

“Jadi semakin bervariasi, semakin beragam, dan semakin lengkap. Julukan Kota Tembakau adalah milik Temanggung. Artinya, memang harus ada inovasi dari waktu ke waktu, agar identitas itu semakin dikenal. Silahkan untuk petani agar mulai menanam, tapi memang belum bisa semuanya. Yang jelas adalah bibitnya masih belum diproduksi dalam jumlah massal serta selalu dipantau untuk kemudian disempurnakan,” paparnya.

Yunianto yang juga merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung ini tak lupa menuturkan bahwasanya ada tantangan yang harus dihadapi oleh petani tembakau. Selain karena cuaca yang fluktuatif, harga pemasaran tembakau juga sering mengalami penurunan. Ketika terus dibiarkan, maka ia khawatir banyak petani tembakau yang akhirnya beralih pada komoditas yang lain.

“Karena ini ikon daerah, maka pemerintah memang wajib untuk mengintervensi dengan kebijakan dan program. Pertama, pastikan terlebih dahulu seluruh gudang bisa menerima hasil produksi dari petani dalam jumlah yang banyak serta harganya tidak anjlok. Atasnama legislatif, kami meminta sekaligus berkomitmen untuk ikut mengawal agar komunikasi dengan pihak swasta ini berjalan dengan lancer,” pungkasnya.

Koresponden : Enggar – Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here