Yunianto: Kepala Desa Terpilih Segera Realisasikan Program

0
Foto: Yunianto Menghadiri Upacara Pelantikan Kepala Desa

Kabupaten Temanggung – Ketua DPRD Temanggung, Yunianto menghadiri Upacara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Kepala Desa Masa Jabatan Tahun 2022-2028 di Pendopo Pengayoman bersama jajaran Forkopimda Temanggung. Adapun acara tersebut menghadirkan 37 kepala desa dari berbagai wilayah yang menjadi pemenang kontestasi pilkades beberapa waktu lalu.

Ditemui setelah acara berlangsung, Yunianto yang juga merupakan sosok Ketua DPC PDI Perjuangan Temanggung memberikan ucapan selamat kepada 37 kepala desa yang terpilih dalam pilkades. Menurutnya, mereka terpilih secara demokratis dan mendapatkan amanah dari masyarakat untuk memimpin roda pemerintahan desa demi terciptanya kesejahteraan sosial yang inklusif.

Foto: Yunianto Bersama Forkopimda Temanggung dan Tamu Undangan Upacara Pelantikan Kepala Desa

“Atasnama lembaga legislatif di Temanggung dan pribadi, saya mengucapkan selamat kepada 37 kepala desa yang terpilih secara demokratis ini. Tentu mereka mendapatkan kepercayaan penuh dari masyarakat untuk memimpin sekaligus memberikan dedikasi bagi terciptanya kesejahteraan sosial secara menyeluruh. Jabatan itu harus dipertanggung-jawabkan sepenuhnya kepada masyarakat, jadi kita harap hal ini bisa dimaknai dengan baik,” paparnya, Kamis, (1/9/2022).

Lebih lanjut, Yunianto menjelaskan bahwa saat ini PR besar yang harus dihadapi oleh kepala desa terpilih adalah membangun harmonisasi secara komprehensif. Pilkades yang merupakan kontestasi politik paling dekat relasinya dengan masyarakat tidak jarang menimbulkan adanya gep sosial. Untuk itu, ia mendorong supaya kepala desa ini mampu untuk membangun konsolidasi sehingga seluruh elemen masyarakat nantinya bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan desa.

“Pilkades sudah terlaksana secara demokratis. Akan tetapi, kita tidak memungkiri bahwasanya perbedaan konsepsi politik masih terjadi, meskipun sedikit semu. Untuk itu, hal utama yang harus dilaksanakan oleh kepala desa adalah membangun integrasi sosial, jangan sampai terjadi dikotomi maupun tindakan friksional lain sebagai dampak ikutan dari perbedaan politik. Kepala desa harus membangun komunikasi dan harmonisasi dengan seluruh elemen masyarakat tanpa pandang bulu demi terciptanya tata kelola pemerintahan yang maksimal,” lanjutnya.

Baca Juga :   Percepat Herd Imunity, Bung Dance Selenggarakan Vaksinasi Booster

Terakhir, sosok El KomandanTe Temanggung ini juga menegaskan bahwa sosok kepala desa harus segera merealisasikan program unggulan yang menjadi visi misi kepemimpinannya. Di sisi lain, program unggulan tersebut juga dikatakan harus direlevansikan dengan program pembangunan yang berada di eskalasi nasional maupun daerah sehingga tercipta kesinambungan.

“Seorang pemimpin harus mempunyai integritas, komitmen terhadap ide-ide yang dipaparkan kepada publik. Kepala desa adalah pemimpin masyarakat, jadi harus komitmen dengan janji politik sewaktu kampanye. Program unggulan yang menjadi bentuk konkret dari visi misi kepemimpinannya harus diaktualisasikan, karena hal itu adalah bagian dari tanggung jawab etis. Penting juga supaya program ini direlevansikan dengan kebijakan nasional maupun daerah, sehingga seluruhnya berjalan beriringan serta berkesinambungan, tidak berbenturan satu sama lain,” tandas Yunianto.

Koresponden : Enggar -Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here