Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Anggota BAGUNA Kabupaten Semarang Beternak Ayam

0
Foto: Anggota BAGUNA Kab. Semarang, Nurmanto

Kabupaten Semarang – Sebagai bentuk penguatan usaha mandiri, serta mewujudkan kemandirian ekonomi,  salah satu Relawan Badan Penanggulangan Bencana (BAGUNA) PDI Perjuangan Kab. Semarang, Nurmanto mendirikan KPT Sedyo Utomo, sebagai UMKM di lingkungan warga Rt 01 Rw 05, Desa Langensari, Kec. Ungaran Barat, Kamis (25/2/2021).

Nurmanto membudidayakan ternak ayam bersama warga, dengan jumlah anggota 27 orang, serta kurang lebih ada 6000 ekor ayam. Dalam ternak tersebut ada beberapa jenis ayam, salah satunya ayam kampung, disamping itu ternak ayam tidak hanya menghasilkan telur, tetapi juga mengolah menjadi makanan lainnya yaitu ayam garang asem dan ayam garang ungkep.

Foto: Nurmanto Meberikan Makan Ayamnya

Sebagaimana dijelaskan oleh Nurmanto, “tujuan dan harapan dibentuknya TKP Sedyo Mulyo ini, agar dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar, serta sebagai wadah dalam pemasaran produk yang dikelola oleh orang kita sendiri,” ujarnya.

Untuk memaksimalkan hasil ternak, Nurmanto melakukan pola pemberian makan dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore. Dalam pemasaran hasil ternak seperti telur dan daging, Nurmanto menjual kepada rumah makan, penjual kaki lima, dan juga penjual jamu yang membutuhkan telur ayam kampung.

Sementara itu, Ketua DPRD Kab. Semarang, Bondan Marutohening menyampaikan dukungannya terhadap Nurmanto dan anggota KPT Sedyo Utomo. “Saya sangat mendukung kegiatan UMKM yang dilakukan oleh salah satu anggota BAGUNA Kab. Semarang, ini sebagai pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraanya, dan semoga kader lainnya bisa meniru kegiatan Nurmanto guna menguatkan kemandirian ekonomi,” tuturnya.

Koresponden: Kartika

Baca Juga :   Berdasarkan Survei, Prediksi Kemenangan Paslon Arif-Rista Mencapai 82,7 Persen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here