Wujud Kemandirian Ekonomi, Kader Komunitas Juang Grobogan Sewakan Sound System

2
Foto: Kader Juang Kab. Grobogan, KJ Muhani

Kabupaten Grobogan – Salah satu kader Komunitas Juang Kab. Grobogan, KJ Muhani melakukan bisnis sewa-menyewa Sound System. Bisnis tersebut sudah ditekuninya sejak tahun 2014 silam. Dirinya menyewakan peralatan Sound System tersebut kepada masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya, yakni yang beralamat di Dusun Rekesan, Desa Karanglangu, Kec. Kedungjati.

KJ Muhani mengatakan, selain menekuni usaha di bidang penyewaan Sound System, dirinya juga bekerja sebagai karyawan kontrak di salah satu perusahaan kayu lapis yang berada di Kec. Mranggen, Kab. Demak.

Rutinitas tersebut dilaksanakan, karena untuk mencari tambahan penghasilan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Terlebih, saat ini dalam masa pandemi Covid-19, sangat jarang masyarakat yang menyewa sound system miliknya, karena terkait aturan protokol kesehatan.

“Saat ini, usaha penyewaan sound system milik saya sempat terhenti. Hal itu disebabkan karena adanya pandemi Covid-19, masyarakat tidak melaksanakan hajatan maupun mengadakan pengajian secara meriah, karena mematuhi protokol kesehatan. Hal itu yang mengakibatkan pelaku usaha, termasuk usaha penyewaan sound system seperti saya turut merasakan dampak yang signifikan,” ujar KJ Muhani, yang juga Sekretaris Ranting PDI Perjuangan Desa Karanglangu, Sabtu (8/5/2021).

Ia menambahkan, saat ini, selain dirinya memiliki tanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan istri dan anaknya, dirinya juga memiliki tanggungan untuk memenuhi kebutuhan ibunya dan satu orang adiknya yang saat ini masih duduk di bangku SMA.

Sebab, ayahnya telah meninggal dunia beberapa tahun silam. Terlebih, saat ini dirinya hanya berstatus sebagai karyawan harian. Hal itu, tentu sangat berat dirasakan oleh KJ Muhani.

Sementara itu, Ketua Ranting PDI Perjuangan Desa Karanglangu, Edy Suharsono memberikan apresiasi kepada KJ Muhani atas perjuangan dan kegigihannya selama ini. Menurutnya, KJ Muhani merupakan kader muda Partai yang ikut berjuang dalam membesarkan Partai, khususnya di Desa Karanglangu.

Baca Juga :   Salurkan Bantuan Mbak Puan, Kader Pati Gelorakan Semangat Gotong Royong

“Sebelum menjadi kader Komunitas Juang, KJ Muhani telah menjadi relawan Partai. Pada saat kontentasi Pemilu, Pileg, Pilkada, maupun Pilpres, dirinya ikut tempur di lapangan, bersama kader Partai lainnya untuk memenangkan Partai. Maka dari itu, saya berharap, adanya perhatian dari Pemerintah, maupun anggota Fraksi PDI Perjuangan, baik di tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kab. Grobogan kepada para pelaku usaha, agar para pelaku usaha dapat menjalankan usahanya di masa pandemi Covid-19, seperti saat ini,” tandas Edy Suharsono.

Koresponden : Nanang – Faisal

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here