Waspada Bencana, Andang: Masyarakat dan Pemerintah Harus Bergotong Royong

0
Foto: Dialog Andang seputar DPRD Provinsi Jawa Tengah di Radio R-Lisa

Kabupaten Jepara – Ketua DPC PDI Perjuangan Jepara, Andang Wahyu Triyanto menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada bencana musim hujan. Pesan ini diberikannya saat menghadiri Dialog DPRD Jawa Tengah di Radio R-Lisa, Minggu (21/11/2021).

Dalam acara Dialog DPRD Jawa Tengah di Radio R-Lisa Jepara itu, Andang memberikan seruan agar masyarakat dan pemerintah bergotong royong untuk waspada akan bencana di musim penghujan.

“Masyarakat dan pemerintah perlu bergotong royong agar bencana bisa dicegah, atau meminimalisir dampaknya jika bencana itu terjadi,” ujar Andang.

Andang menekankan, bahwa gotong royong ini sangat diperlukan, karena tidak bisa hanya satu pihak saja yang melakukan usaha. Masyarakat harus saling bergotong royong, mulai dari jangan membuang sampah di sungai, dan untuk masyarakat lereng selalu waspada untuk kemungkinan tanah longsor.

“Dari pemerintah daerah sudah mempersiapkan mulai dari puskesmas, rumah sakit, ambulan serta perlengkapan rescue lainnya untuk kemungkinan yang tidak diinginkan. Maka dari itu masyarakat juga perlu melakukan aksi seperti tidak membuang sampah sembarangan,” terangnya.

Selain waspada terhadap bencana alam, masyarakat juga harus waspada terhadap penyakit endemik yang sering terjadi pada musim penghujan seperti demam berdarah dan malaria.

“Penyakit di musim penghujan seperti demam berdarah dan malaria juga harus diwaspadai. Menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan diri merupakan kuncinya. Pandemi Covid-19 belum berakhir jangan sampai ditambah penyakit lainnya,” tandasnya.

Koresponden : Agus Budianto

Baca Juga :   Endro: Sosialisasi Sebagai Bekal Tambah Kader Perempuan Korps KJ Pati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here