Upaya Azalea Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan Sejak Dini

0
Foto: Azalea Bersama Anak-anak Bimbel

Kabupaten Wonogiri – Seiring perkembangan zaman yang makin maju, nilai-nilai kebangsaan serta penerapan nilai-nilai Pancasila tentu sangat diperlukan. KomandanTe Bintang Dua Dapil 1 Wonogiri, Azalea Putri Utami menilai bahwa penanaman nilai-nilai kebangsaan harus diterapkan sejak dini. Hal tersebut juga yang selalu disisipkan Azalea dalam kegiatan Bimbingan Belajar (Bimbel) yang Azalea lakukan selama ini, Selasa (21/6/2022).

Seperti yang kita ketahui sebelumnnya, Azalea telah mendirikan dan menjalankan giat Bimbel untuk Sekolah Dasar di wilayah Selogiri. Giat belajar tersebut selain dimanfaatkan siswa sekolah untuk belajar materi sekolah juga dimanfaatkan Azalea sebagai sarana menanamkan nilai-nilai Kebangsaan dan Pancasila.

Foto: Azalea Ajak Anak-Anak Supaya Membentengi Diri dari Infiltrasi Budaya Asing Melalui Nilai-Nilai Kebangsaan dan Pancasila

“Saya rasa untuk penanaman nilai Pancasila bagi pelajar merupakan hal penting yang harus dilakukan sejak dini. Terlebih bagi saya hal tersebut dapat dilakukan di berbagai kesempatan. Hal tersebut nantinya akan berdampak positif bagi anak untuk belajar dan menemukan hal-hal positif bagi kehidupan,” ungkap Azalea.

Cara yang digunakan Azalea untuk menanamkan nilai-nilai tersebut adalah dengan memperkenalkan lagu-lagu nasional, pahlawan nasional, dan berbagai cerita-cerita sejarah di Indonesia.

Menurut Azalea, lagu nasional mengandung banyak nilai-nilai positif dan semangat nasionalisme yang dapat menjadi sarana pembentukan karakter yang sesuai dengan nilai-nilai Kebangsaan dan Pancasila. Ia juga menggunakan cerita sejarah Indonesia dan pahlawan nasional karena menurut Azalea hal tersebut mengandung banyak makna, yaitu nasionalisme, cinta tanah air, perjuangan, dan kesatuan.

Diharapkan apa yang dilakukan Azalea dapat berdampak positif bagi anak-anak dan dapat menumbuhakn kesadaran pentingnya nilai-nilai kebangsaan dan Pancasil, karena sangat penting untuk mereka sebagai dasar aturan hidup pada era globalisasi sehingga mereka tidak mudah terpengaruh pada budaya dan nilai-nilai negara lain yang mungkin tidak sesuai dengan jati diri bangsa Indonesia.

Baca Juga :   DPRD Kabupaten Grobogan Realokasi 9 Miliar untuk Penanganan Covid-19

Koresponden : Firfeb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here