Tingkatkan Soliditas dan Solidaritas Melalui Roadshow

0
Komunitas Juang Kabupaten Temanggung

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka menumbuhkan pride, solidarity, dan discipline Calon Kader Juang, segenap Asisten Mentor Juang kembali melaksanakan rangkaian kegiatan roadshow guna mempererat konsolidasi serta menjalin intensivitas komunikasi. Adapun rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di Danupayan, Bulu. Minggu (18/04/2021).

Pada kesempatan ini, Korps Komunitas Juang Kabupaten Temanggung diberikan arahan tentang pentingnya menjaga soliditas dan solidaritas di dalam Korps. Sebuah organisasi maupun komunitas pada hakikatnya harus memiliki sinergitas di antara anggotanya. Sinergi tersebut kemudian diinterpretasikan melalui pembagian tugas pokok dan fungsi sehingga berelevansi terhadap efektivitas serta efisiensi kinerja Korps dalam rangka Melu Memayu Hayuning Bawono.

Soliditas dan solidaritas dalam Korps ini terbentuk ketika terdapat kesadaran di dalam diri maupun kompleksitas anggota. Kepentingan pribadi maupun ego sektoral harus diminimalisir bahkan disingkirkan dalam rangka mencapai cita-cita yang menjadi konsensus bagi Korps. Secara teknikal, hal ini kemudian dikonfigurasikan melalui pendelegasian kewenangan untuk mempermudah pengelolaan Korps serta mengoptimalisasi berbagai potensi yang ada di dalam diri anggotanya.

Selaku Koordinator Lapangan Asisten Mentor Juang (AMJ) di Kabupaten Temanggung, Yusuf Arinton Sasongko menuturkan pentingnya pengimplementasian management Korps yang baik.

Komunitas Juang Kabupaten Temanggung

“Terdapat empat hal yang mesti diperhatikan oleh Korps dalam merealisasikan sebuah program kerja, yaitu Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Keempat hal ini mesti terus ditingkatkan secara berkelanjutan guna membentuk progresivitas yang inklusif di dalam Korps,” tutur AMJ Yusuf.

Pada praktiknya, sebuah organisasi maupun komunitas tidak jarang mengalami sebuah kendala dalam mengelola sumber daya yang dimiliki. Analisis secara eksplisit dan inklusif pada akhirnya merefleksikan tentang kurang optimalnya penerapan manajemen.

Hal ini lah yang menjadikan alasan bagi segenap AMJ dalam memberikan arahan supaya Korps tidak terjebak dalam dinamika yang sama serta berpotensi mendekonstruksikan soliditas dan solidaritas anggota.  Ini merupakan tantangan serta sebuah keniscayaan yang harus dihadapi secara bijak oleh organisasi maupun komunitas, termasuk dari Korps Komunitas Juang Kabupaten Temanggung.

Baca Juga :   Jalin Sinergi Bersama KPP Pratama Kudus, Masan; Tingkatkan Layanan Publik Bebas Korupsi

Koresponden: Enggar dan Zidan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here