Tingkatkan Kapasitas Kaum Perempuan, Sri Ruwiyati Gelar Pelatihan PPEP

0

Kabupaten Banjarnegara – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati bersama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Produktivitas Ekonomi Perempuan (PPEP) di Desa Penawaren, Kecamatan Sigaluh.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, dihadiri oleh Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah, diantaranya, Hj. Sri Ruwiyati, Ikhwan, Amin Maksum, Muklis. Selain itu, hadir pula Asteria Dewi Rusrinawati, S.Psi, M.Pd, selaku Kepala Seksi Perlindungan Perempuan DP3KAB Jawa Tengah, H. Eko, Kepala Desa Penawaren, serta 20 peserta Kader Perempuan Sarinah.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati bersama DP3AKB Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pelatihan PPEP

Dalam kesempatan tersebut, Hj. Sri Ruwiyati mengungkapkan, perempuan dalam lingkup sebuah rumah tangga mempunyai peranan yang sangat penting. Selain, menjadi partner seorang suami, perempuan memiliki hak yang sama dengan laki laki, sehingga wanita juga berhak berperan dan bekerja sama, baik itu di dalam kelompok, organisasi kemasyarakatan, maupun lingkup Pemerintahan.

“Perempuan juga bisa ikut berperan dalam mengambil sebuah keputusan dalam lingkup keluarga. Saya berharap, kaum perempuan untuk tidak takut , jangan malu dan kurang percaya diri ketika menyampaikan pendapat. Mari belajar untuk bersuara dengan cara menyampaikan masalah, pendapat, saran, serta diskusi bersama dalam keluarga,” tutur Sri Ruwiyati, yang juga Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi Jawa tengah

Sri Ruwiyati berharap, apabila ada kesempatan untuk menjadi ketua, pengurus, kader organisasi, maupun pemimpin di tingkat desa, maka diharapkan untuk mengambil kesempatan tersebut. Menurutnya, perempuan berhak dan mampu menjadi pemimpin.  Di sisi lain, perempuan juga bisa sebagai pekerja. Halam hal ini, kaum perempuan dapat mengembangkan usaha kreatif untuk meningkatkan perekonomian keluarga, dengan cara memanfaatkan atau menggali potensi sumber daya alam yang ada di sekitar tempat tinggal.

Baca Juga :   Sinergitas Masan bersama Awak Media

“Saya berharap, melalui kegiatan ini, nantinya ada peningkatan kualitas hidup perempuan, sehingga kaum perempuan dapat mandiri,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Perempuan pada Dinas DP3KAB Jawa Tengah, Asteria Dewi Rusrinawati menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan pendapatan keluarga, melalui usaha mandiri kreatif dengan mengoptimalkan sumber daya alam yang ada di sekitar.

Kepala Desa Panawaren, H. Eko mengucapkan terimakasih kepada Komisi E DPRD Jawa Tengah, khususnya Hj. Sri Ruwiyati, serta Dinas DP3KAB Jawa Tengah atas pelatihan yang diberikan kepada kelompok perempuan Sarinah. Semoga dengan Pelatihan Peningkatan Produktifitas Ekonomi Perempuan (PPEP) ini, perempuan Sarinah akan semakin produktif dan kreatif  dalam berwirausaha.

Koresponden : Chrisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here