Tingkatkan 3K, Korps KJ Temanggung Ikuti Festival Pahlawan Desa

0
Foto: Calon Kader Juang Kab. Temanggung

Kabupaten Temanggung – Dalam rangka meningkatkan Karakter, Kompetensi, dan Kapasitas, Korps Komunitas Juang Kab. Temanggung berpartisipasi dalam Festival Pahlawan Desa memperebutkan Piala Megawati.

Festival videografi tersebut mengusung tema “Kawal Pancasila dari Desa”, di mana outputnya adalah untuk mempublikasikan aktualisasi kegiatan masyarakat yang harmonis terhadap nilai-nilai Pancasila.

Bagi Korps, festival videografi tersebut tentu menjadi peluang untuk mengeksplorasi lebih jauh pengamalan Pancasila dalam lingkup kehidupan masyarakat desa. Kegotong-royongan dan solidaritas mekanik adalah karakteristik utama yang masih dipegang teguh oleh masyarakat Kab. Temanggung. Hal tersebut tentu akan membuahkan hasil berupa solidaritas masyarakat yang berorientasi terhadap progresivitas.

Ditemui saat takeshoot video yang berlokasi di Desa Muncar, Kec. Gemawang, sosok Calon Kader Juang bernama Faisal Hendrawan menuturkan, apabila kegiatan tersebut juga akan berimplikasi terhadap peningkatan karakter pemuda.

“Festival Pahlawan Desa bukan hanya sekadar kompetisi, tetapi juga mengandung makna terkait dengan tata nilai yang harus diaktualisasikan oleh generasi muda. Kita melihat adanya praktik gotong-royong yang erat di dalam kehidupan masyarakat Desa Muncar ini. Di sisi lain, ada semangat untuk mengabdi yang membuat Desa Muncar ini mendapatkan simpati di berbagai sektor. Jelas hal tersebut harus kita apresiasi dan praktikkan dalam rangka memajukan lingkungan sekitar”, tutur Faisal Hendrawan, Sabtu (17/07/2021).

Lebih lanjut, kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas dalam diri pemuda. Melalui Festival Pahlawan Desa ini, maka anggota tim dapat mengasah kemampuan dan keterampilan di bidang videografi. Lebih jauh, hal ini juga diharapkan akan membentuk pola kerjasama yang terukur, terarah, serta sistematis guna menghasilkan sebuah karya yang prestisius.

“Sebuah kebanggaan tentunya bisa berpartisipasi dalam Festival Pahlawan Desa ini. Kami tentu harus me-manage pelaksanaan pembuatan videografi ini dengan baik. Sebagai Calon Kader Komunitas Juang, kami juga dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas melalui kegiatan ini. Pelaksanaan kegiatan di lapangan bukan saja mendatangkan pengalaman yang menyenangkan, tapi juga terkait dengan pelajaran yang bisa kami terapkan”, pungkas Faisal Hendrawan.

Baca Juga :   Bupati Sukoharjo Terima Bantuan 20 Ton Beras dari Panitia Imlek Nasional 2021

Koresponden : Enggar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here