Sutarto Oenthersa, Sang Pancasilais Sejati

0
Foto: Sutarto Oenthersa bersama Habib Luthfi bin Yahya

Kabupaten Pati – Menjadi sebuah catatan sejarah luar biasa dari seorang Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kab. Pati, yaitu Sutarto Oenthersa di dalam kilas perjalanan hidupnya menjadi seorang Pancasilais sejati.

Demikian, karena melalui tangan dinginnya, ia berhasil melaksanakan kegiatan Sholawatan dan Ngaji Bareng PDI Perjuangan yang dilaksanakan di Juwana Pati pada beberapa waktu yang lalu.

Menariknya, politisi senior PDI Perjuangan ini meski beragama Katolik dan dari Etnis Keturunan, akan tetapi mampu dengan tenang menjadi promotor kesuksesan kegiatan Sholawatan dan Ngaji Bareng tersebut.

Atas dasar kesuksesan tersebut, Sutarto menyampaikan, bahwa sebagai Soekarnois dan Pancasilais sejati, sudah seharusnya menghargai perbedaan. Ia menegaskan, apabila hal itu harus menjadi manifestasi selayaknya semboyan Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda, tetapi tetap satu jua.

“Boleh beda agama, beda suku, ras, dan golongan. Akan tetapi jiwa kita harus tetap menyatu di bawah panji-panji Pancasila. Pancasila tidak hanya kita baca atau hafalkan saja, akan tetapi harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya, Sabtu (26/11/2022).

Ia menambahkan, apabila di Juwana ada grup Ngaji atau Sholawatan rutin dengan nama Sapu Jagad, yang anggotanya ada Habaib dan para ulama di Juwana, yang mana Sutarto di dalamnya sebagi salah satu Penasehat di grup itu.

“Setiap mengadakan Sholawatan saya pasti hadir, meskipun saya non muslim, dan selama ini tidak ada masalah serta diterima dengan baik. Kemarin kita pilih Gus Nuril sebagai pembicara karena beliau terkenal moderat dan selalu menanamkan rasa cinta tanah air dan untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila sesuai dengan jiwa PDI Perjuangan,” tambahnya.

Terakhir, ditegaskan olehnya, bahwa Juwana sebagai Kota Pesisir dan mempunyai pelabuhan ikan merupakan daerah yang moderat dan bisa menerima berbagai perbedaan suku, agama, ras, dan golongan. Hal ini dikarenakan banyak para Nelayan yang hadir dari berbagai daerah di Indonesia yang berlabuh di Juwana.

Baca Juga :   Sri Rejeki Tekankan Pentingnya Posbindu

“Sebagai penanggungjawab acara saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga mensukseskan acara tersebut, dan mohon maaf atas segala kekurangan,” pungkasnya.

Koresponden : Catur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here