Suparno Dukung Pengembangan Keberadaan Gua Mangkubumi di Desa Gebang

0

Kabupaten Sragen – Keberadaan Gua persembunyian Pangeran Mangkubumi di Desa Gebang, Kecamatan Masaran cukup menarik perhatian Ketua DPRD Sragen, Suparno. Demi pengembangan kawasan tersebut, pihaknya siap mendorong dengan infrastruktur jalan. Diharapkan, perekonomian kawasan sekitar ikut berkembang.

Suparno mengungkapkan, dalam pembangunan infrastruktur tersebut tetap menggandeng, serta mendengarkan masukan masyarakat. Dalam hal ini, Suparno memberikan bantuan paving akses menuju tempat wisata yang mempunyai cerita sejarah tersebut.

Suparno menambahkan, dengan diperbaiki, nantinya bisa menggandeng kelompok seni dan budaya. Suparno bisa menggelar acara di lokasi yang pernah disinggahi pangeran Mangkubumi itu. Selain itu, konon lokasi juga dipakai untuk semedi.

“Ada makam kuno yang disebut-sebut bagian dari prajurit Pangeran Mangkubumi. Lantas akan dikemas sedemikian rupa tanpa mengurangi kesakralan, sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Bisa dibilang ada rangkaian sejarah berdirinya Kab. Sragen, perlu dilestarikan, agar masyarakat mengetahui jejak perjalanan beliau,” tuturnya.

Namun, masih banyak di benak masyarakat yang perlu dikerjakan, sehingga memiliki daya tarik. Seperti diinginkan adanya perahu. Mengingat, lokasi juga tidak jauh dari sungai, namun kelestarian alam juga harus terjaga.

”Hilir ada DAM yang bisa meningkatkan debit air, sehingga bisa untuk wisata. Saya siap menghadirkan perahu di lokasi tersebut. Dengan gotong royong melibatkan masyarakat, diharapkan segera terwujud. Saya bantu materialnya, masyarakat tenaganya, kita yakin bisa terwujud. Namun, tidak bisa langsung dan harus bertahap dan juga berkelanjutan,” pungkasnya.

Koresponden : Eky ely

Baca Juga :   Gus Nabil Sambang dan Silaturahmi di DPC PDI Perjuangan Klaten

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here