Sunarna: Ikan Sangat Bagus Kandungan Gizinya

0

Kabupaten Cilacap – Dalam mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya makan Ikan, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, H. Sunarna, S.E,. M.Hum menggelar Perluasan Safari Gemarikan Dalam Rangka Percepatan Penurunan Stunting dan Gizi Buruk, bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara tersebut dihadiri oleh Camat Cilacap Utara, Sunarti, S.STP., M.M., serta Kepala Dinas Perikanan Kab. Cilacap, Ditiasa Pradipta, S.H,. M.Si, Minggu (6/3/2022).

Dalam sambutannya, Ditiasa Pradipta mengatakan, penanggulangan kasus stunting di Kab. Cilacap terus diupayakan, agar angkanya terus menurun. Maka, salah satu cara yang paling nyata adalah anjuran untuk gemar makan Ikan. Kab. Cilacap adalah yang dikenal dengan produk ikannya yang luar biasa. Jadi, masyarakat bisa dengan mudah untuk mengkonsumsi Ikan.

Sunarna mensosialisasikan gemar makan Ikan kepada masyarakat di Kab. Cilacap

“Sebagai gambaran, angka konsumsi makan Ikan di Kab. Cilacap tahun 2020 masih rendah sekitar 28,95%/Kg/kapita/tahun. Sedangkan, untuk Provinsi Jawa Tengah sebesar 35,30%/Kg/kapita/tahun. Sementara, untuk tingkat nasional 56,06/Kg/kapita/tahun. Maka dari itu, kami sangat mengapresiasi produk olahan ikan yang ada di Kab. Cilacap,” jelasnya.

Sementara itu, H. Sunarna menganjurkan kepada masyarakat Kab. Cilacap, agar suka makan Ikan, karena banyak sekali manfaatnya. Terutama bagi generasi penerus, untuk gemar makan Ikan, agar bangsa ini maju dan kuat. Selain itu, Ikan memiliki gizi yang baik.

“Kab. Cilacap itu nelayannya paling banyak. Hasil tangkapan ikannya juga paling banyak di Jawa Tengah. Seharusnya, masyarakat Kab. Cilacap banyak yang mengkonsumsi Ikan. Jadi, bagi ibu-ibu yang sedang mengandung dan menyusui, diusahakan banyak makan ikan, agar pertumbuhan bayi atau anak di Kab. Cilacap semakin sehat dan cerdas. Mengapa orang Jepang pintar dan cerdas? Karena, konsumsi Ikan di sana sangat tinggi. Jadi, kita perlu membiasakan makan Ikan, terutama untuk anak-anak, agar dapat menjadi generasi penerus yang baik dan cerdas,” tutupnya.

Baca Juga :   Ratusan Kader Partai Sragen Antusias Ikuti Senam Sicita

Koresponden : Arsend

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here