Strategi Jitu Bupati Yuni Kebut Vaksinasi di Bumi Sukowati

0

Kabupaten Sragen – Pemkab Sragen berkomitmen untuk mengejar capaian vaksinasi, baik dosis pertama, maupun dosis kedua. Sejumlah strategi sudah dijalankan, agar target tersebut bisa terwujud.

Bupati Sragen, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, yang akrab disapa Yuni mengatakan, saat ini capaian vaksinasi dosis pertama di Kab. Sragen per minggu 14 November 2021 mencapai 76,5 persen atau 593.430 orang. Sedangkan, untuk dosis kedua mencapai 65,52 persen atau 508.266 orang. Sementara, dosis ketiga mencapai 0,62 persen atau 4.848 orang.

“Saya akan terus menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat. Harapannya, target vaksinasi 100 persen di Kab. Sragen bisa terealisasi dalam waktu dekat,” tuturnya.

Bupati Yuni menambahkan, salah satu terobosan yang dilakukan Pemkab Sragen untuk mengejar target cakupan vaksinasi Covid-19 adalah dengan mendekatkan pos atau sentra-sentra vaksinasi di tengah-tengah lingkungan warga, mulai ke tingkat RW, RT, dari pintu ke pintu rumah warga, hingga pusat-pusat keramaian.

“Alhamdulillah ada peningkatan dosis pertama, terutama lansia. Kalau capaian vaksinasi berdasarkan KTP sudah di atas 87%. Kami tetap berusaha terus. Sekarang fokus pada dosis kedua, agar selisihnya tidak banyak antara dosis pertama dan dosis kedua” imbuh Bupati Yuni, yang juga Kader PDI Perjuangan Sragen.

Bupati Yuni juga menjelaskan, salah satu strategi lainnya adalah dengan mengadakan lomba vaksinasi serentak antar Puskesmas di Kab. Sragen. Strategi ini berhasil meningkatkan sasaran vaksinasi hingga 3.372 orang untuk dosis pertama, 14.218 orang untuk vaksin dosis kedua, serta 52 orang untuk vaksin dosis ketiga.

“Lomba itu dibuat lantaran capaian vaksinasi dalam beberapa pekan terakhir menurun. Sasaran vaksinasi yang biasanya sekitar 500 orang per hari, ternyata meningkat menjadi 3.872 orang dalam sehari untuk vaksin dosis pertama. Total vaksinasi dalam sehari untuk dosis pertama, kedua dan ketiga dalam sehari bisa mencapai 17.642 orang,” tutupnya.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Pemalang Selenggarakan Pendidikan Politik

Koresponden : M Eky ely

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here