Sri Ruwiyati Dorong Kepemimpinan Perempuan dalam Urusan Publik

0
Foto: Dialog Bersama Parlemen Prime Topic dengan Tema Kepemimpinan Perempuan Era Modern.

Kabupaten Banjarnegara – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hj. Sri Ruwiyati memenuhi undangan sebagai narasumber dalam dialog bersama Parlemen Prime Topic dengan tema ‘Kepemimpinan Perempuan Era Modern’.

Dialog interaktif ini dipandu oleh Septi dari iNews TV Semarang dan disiarkan langsung melalui Radio MNC Trijaya 89.8 FM Semarang, RDI Pandanaran 91.8 FM Semarang, Radio 99 (95.5 FM Purbalingga), serta siaran tunda melalui iNews TV Semarang, Senin (19/4/2021).

Foto: Hj. Sri Ruwiyati dalam Dialog Bersama Parlemen Prime Topic

Hadir pula dalam dialog bersama, Kepala DP3AP2KB Provinsi Jawa Tengah, Dra. Retno Sudewi, serta Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial Unnes, Prof. Dr. Tri Marhaeni Pudji Astuti.

Sri Ruwiyati membagikan pengalamannya tentang kepemimpinan di era modern. Ia menyampaikan bahwa saat ini sistem demokrasi telah membuka kesempatan bagi setiap warga negara untuk berkiprah dalam urusan-urusan publik, tak terkecuali kaum perempuan.

“Peran perempuan dalam kepemimpinan saat ini semakin terlihat. Terbukti, sudah banyak kaum perempuan yang mampu menjadi pemimpin ataupun pejabat,” ujar Sri Ruwiyati sang Srikandi PDI Perjuangan Jawa Tengah.

Meski begitu, Sekretaris Komisi E DPRD Provinsi mengaku tidak mudah menggugah kaum perempuan untuk lebih berperan aktif dalam pembangunan dan kemajuan di daerahnya. Menurutnya masih banyak tantangan dan kendala yang dihadapi perempuan di sejumlah daerah.

“Masih perlu perjuangan agar kaum perempuan aktif berperan di semua sektor, termasuk politik. Dan kami sangat mendukung anggaran untuk pemberdayaan perempuan. Kami juga melakukan sosialisasi pendidikan politik perempuan guna meningkatkan perannya dalam pembangunan di Jawa Tengah,” kata Politikus PDI Perjuangan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kabid DP3AP2KB Provinsi, Sri Dewi Indrajati dan Prof. Tri Marhaeni Pudji Astuti, menurutnya selama ini sudah banyak kesempatan bagi perempuan dan keberanian perempuan untuk maju dan berperan sudah bisa dijalankan saat ini. Namun, harus lebih ditekankan pada taraf pemahaman soal gender di keluarga, sekolah, dan lingkungan.

Baca Juga :   Sunarna: Gotong Royong Aplikasi 4 Pilar Kebangsaan

Koresponden: Krisna

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here