Kota Semarang – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Casytha Ariwi Kathmandu, S.E., M.Fin melakukan Sosialisasi sekaligus Bersilaturahmi bersama generasi Milenial di Kota Semarang, Kamis (2/7/2020).

Bertempat di Panti Marhaen Jawa Tengah, kegiatan ini terfokus kepada Sosialiasi 4 Pilar Kebangsaan. Kegiatan ini berlangsung melalui pola Diskusi Interaktif, pemilihan pola ini sebagai alternatif memberikan nilai keefektifan kepada peserta supaya memperoleh pemahaman sosialiasi ini secara mendalam.

Kegiatan ini turut diikuti oleh Karang Taruna Kota Semarang, Komunitas Juang Kota Semarang, dan Tim Derap Juang Jawa Tengah dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan.

Selanjutnya Mbak Casytha turut menjelaskan bagaimana peran serta Anggota DPD RI dalam mengawal sistem ketatanegaraan Bangsa saat ini. Karena nyatanya masih banyak masyarakat yang tidak memiliki pemahaman dasar tentang tugas dan fungsi DPD RI.

“Jadi memang beda antara kerja kita di DPD RI dengan DPR RI, perbedaan ini cukup dominan. Untuk DPD RI kita memiliki fokus yang justru besar, dikarenakan terfokus di seluruh daerah yang terdapat di Provinsi, dalam hal ini fokus saya adalah Jawa Tengah,” ungkap Mbak Casytha.

Lebih lanjut, Mbak Casytha menjelaskan bahwa pada DPD RI justru memiliki peran penting namun tidak banyak masyarakat menyadari. Mulai dari proses penyerapan, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi rakyat secara intensif untuk kemudian sebagai rumusan terbentuknya Rumusan Otonomi Daerah maupun RUU.

Oleh karena itu, fungsi dan peran serta DPD RI harus dipahami secara penuh tiap masyarakat. Karena Anggota DPD RI juga memiliki tanggungjawab untuk memaksimalkan dan mengembangkan berbagai sumber daya daerah yang dimiliki oleh tiap wilayah.

Menutup kegiatan ini, para masyarakat dan khususnya adalah generasi Milenial diajak untuk tidak apatis terhadap Politik. Hal ini dikarenakan dalam berbagai fasilitas hingga sesuatu yang mempengaruhi gerak kehidupan masyarakat, semuanya tidak dapat terlepas dari proses politik.

Baca Juga :   Pemasangan APK Cakada dari PDI Perjuangan Kabupaten Pekalongan

Sebagaimana hal ini ditegaskan oleh Mbak Casytha, “Saya mengajak ke teman-teman untuk memberikan pemahaman minimal kepada masyarakat sekitar tempat tinggal. Jangan acuh terhadap politik, karena banyak manfaat yang ditimbulkan oleh berbagai proses politik. Sehingga ketika berpartisipasi aktif, kita akan turut mengetahui berbagai perkembangan yang terjadi,” tegasnya.

Rilis Tim Media Casytha