Semangat Calon Kader Komunitas Juang Banyumas Tekuni Budidaya Sayuran Hidroponik

0

Kabupaten Banyumas – Semua orang dapat menjadi pengusaha yang sukses, apabila bersungguh-sungguh dalam menjalankannya. Salah satu Calon Kader Komunitas Juang (CKJ) Kab. Banyumas, Yogi Adi Yulianto, di masa Pandemi Covid-19 ini, melakukan budidaya sayuran hidroponik.

Hidroponik merupakan salah satu metode dalam budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan media tanah. Hidroponik menekankan pada pemenuhan kebutuhan hara nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah.

CKJ Yogi mengungkapkan, dirinya menekuni budidaya sayur Kangkung dan Selada. Cara penjualannya adalah melaui market place, sosial media, serta menawarkan produk di lingkungan setempat. CKJ Yogi menambahkan, tanaman hidroponik mudah dalam perawatan. Tidak perlu melakukan penyiraman rutin, karena tanaman sepenuhnya berada di dalam air. Selain itu, tanaman hidroponik mudah dalam penambahan pupuk, karena menggunakan pupuk cair. Sayuran hidroponik lebih sehat. Sebab, tidak ada bahan kimia. Dalam hal penggunaan pestisida, tanaman hidroponik ini menggunakan pestisida alami dari lidah buaya, serta gilingan bawang putih.

“Saya berharap, usaha ini bisa menjadikan motivasi bagi Kader Komunitas Juang lainnya yang berada di Kab. Banyumas. Saya juga berharap, budidaya tanaman hidroponik ini dapat sebagai contoh untuk mendorong kreatifitas anak muda dalam berkarya, serta menjadi petani milenial di tengah Pandemi Covid-19, dengan memanfaatkan lahan sempit dan barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan,” tutupnya

Koresponden : Rizka Uly Dayanti

Baca Juga :   Bacakan Proklamasi, Slamet Tularkan Semangat Pengabdian Tanpa Batas Bung Karno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here