Saiful Hadi Ajak Masyarakat Pupuk Nasionalisme Melalui Lagu Indonesia Raya

0
Foto: Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen, Saiful Hadi

Kabupaten Kebumen – Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen, Saiful Hadi mengajak kepada segenap elemen masyarakat untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Hal tersebut seiring dengan kebijakan Menpan RB, Tjahjo Kumolo yang meminta kepada seluruh aparatur sipil negara (ASN) untuk melaksanakan menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap hari senin.

“Sebentar lagi mendasari dari Menpan RB kemudian turunan suratnya ke Bupati tentang menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan Pancasila. Menyikapi hal itu mari kita lakukan dan khayati sebaik-baiknya,” jelas Saiful Hadi, Sabtu (19/06/2021).

Menurut Saiful, langkah ini merupakan upaya startegis pemerintah untuk memompa semangat serta meningkatkan jiwa Nasionalisme dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Tidak dipungkiri kita sedang mengalami degradasi, tugas kita sekarang adalah merawat persatuan antar anak bangsa melalui penghayatan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Pancasila,” ucapnya yang juga anggota DPRD Provinsi Jateng.

Nantinya, lanjut Saiful, diharapkan sejumlah fasilitas umum seperti pasar, mall perbelanjaan, terminal, dan stasiun juga dapat mengumandangkan lagu Indonesia Raya melalui pengeras suara yang telah tersedia.

“Penting juga untuk mengena masyarakat umum dengan diterapkan di beberapa ruang aktivitas masyarakat, karena cinta tanah air tidak hanya untuk ASN dan pejabat lain, melainkan seluruh elemen bangsa,” imbuh dia.

Ia juga meminta, ketika Lagu Indonesia Raya berkumandang maka hendaknya setiap elemen masyarakat agar berdiri tegak dengan sikap sempurna sebagai bentuk penghormatan terhadap bangsa.

“Para pahlawan kita dulu begitu susah payah, bahkan nyawa menjadi taruhan untuk menyuarakan ‘Merdeka’. Sekarang, kita tidak ada susahnya berhenti beraktivitas sejenak menyanyikan lagu kebangsaan dan Pancasila. Lagu yang menyatukan kita dari idiom pengkotakan suku, RAS, dan agama, karena kita ini satu,” tegasnya.

Baca Juga :   Apresiasi DPC Partai pada Korps Komunitas Juang Temanggung

Koresponden : MH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here