Sadewo Peroleh Penghargaan Bhakti Koperasi

0

Kabupaten Banyumas – Wakil Bupai Banyumas, Sadewo Tri Lastiono, yang juga Bendahara DPC PDI Perjuangan Banyumas memperoleh Penghargaan Bhakti Koperasi. Kedekatan, serta kepedulian Sadewo terhadap koperasi, membuat Kementerian Koperasi dan UKM memberikan penghargaan Bhakti Koperasi kepadanya.

Dalam hal ini, Sadewo dinilai sebagai sosok pemimpin yang memiliki perhatian, komitmen, serta kepedulian besar terhadap koperasi, terlebih selama Pandemi lalu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinnakerkop UKM) Kab. Banyumas, Joko Wiyono mengatakan, penghargaan tersebut diberikan Kementerian Koperasi tahun lalu dan karena masih dalam situasi Pandemi, penghargaan diberikan secara virtual.

“Selama pandemi kemarin, temen-temen koperasi sangat terdampak. Dalam hal ini, Pak Wabup memberikan perhatian penuh, dengan sering memberikan saran, solusi, serta diskusi bersama, agar koperasi ini bisa tetap bertahan. Atas berbagai upaya tersebut, beliau kemudian mendapat penghargaan dari Kementerian Koperasi,” jelasnya, Kamis (23/6/2022).

Joko Wiyono menambahkan, sosok Sadewo memang sangat dekat dengan pelaku koperasi di Banyumas. Hal tersebut dibuktikan, dengan komitmennya untuk hadir dalam berbagai kegiatan yang digelar koperasi Banyumas, sekalipun undangan hanya disampaikan secara informal. Selain itu, khusus kepada Dinnakerkop UKM Banyumas, Sadewo juga selalu menyampaikan pesan, agar dinas mampu memberikan rasa nyaman, serta terus berkoordinasi dengan pelaku koperasi.

Selama Pandemi, koordinasi juga dilakukan koperasi dengan jajaran aparat TNI dan Polri, dimana koperasi simpan pinjam ini adalah termasuk kategori bidang esensial, karena merupakan perbankan mini. Sadewo juga berpesan, agar pihak koperasi selalu menjalin komunikasi yang baik dengan para nasabah.

“Karena dukungan tersebut, selama Pandemi kemarin, koperasi di Banyumas tetap bisa berjalan. Meskipun tentu saja ada penurunan, namun mereka tetap eksis,” terangnya.

Baca Juga :   Kadarwati Salurkan Bantuan Pangan Kepada Satgas Covid-19 dan Warga Desa Jatipuro

Sebelum menjabat sebagai wakil bupati, Sadewo yang merupakan pengusaha tersebut juga sudah menunjukkan komitmennya terhadap koperasi. Sadewo yang memelopori berdirinya koperasi Petani Gula Organik (Kopipo) di Banyumas.

Koperasi yang berkomitmen dalam pengembangan gula kelapa, di Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok ini, sekarang menjadi wadah perjuangan para penderes gula kelapa dalam mempertahankan eksistensinya, sekaligus meningkatkan kesejahteraan bersama.

Tidak hanya itu, Sadewo juga memelopori berdirinya Koperasi Produsen Berkah Rindang Kinasih yang mewadahi para pengrajin, serta memasarkan produk-produk unggulan Kab. Banyumas.

Koresponden : Uly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here