Rudy Ajak Masyarakat untuk Sinergi Amankan Kampung

0
183

Kota Surakarta – Melihat keresahan warga, Walikota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo yang juga selaku Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta, menghimbau masyarakat Kota Solo untuk bersinergi mengamankan kampung dari tindak kejahatan di tengah masa pandemi virus corona. Salah satunya dengan memasang kentongan di masing-masing rumah warga.

Menanggapi hal itu, DPC PDI Perjuangan turut membantu masyarakat dalam pembuatan kentongan. Dibantu oleh Komunitas Juang, hingga saat ini sudah membuat 30 unit kentongan yang akan didistribusikan kepada warga di sekitar kantor DPC PDI Perjuangan Kota Surakarta.

Menurut Rudy, kentongan sebagai pertanda bahwa masyarakat siap siaga menjaga lingkungan masing-masing, yang akan dibunyikan sesuai dengan kesepakatan warga setempat

“Misalnya dipukul tiap satu jam sekali. Semakin banyak yang waspada pasti pencuri tidak akan berani masuk kampung,” kata Rudy di Balai Kota Solo, Minggu (19/4/2020).

Selain itu, Rudy juga meminta warga menghidupkan kembali ronda keliling dengan membawa kentongan. Selain aman, kehidupan bermasyarakat juga menjadi guyub.

“Tradisi zaman dahulu kan baik. Warga juga semakin guyub mengamankan kampung,” tambah Rudy.

Koresponden: Diky

Baca Juga :   Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Wonosobo, Eko Prastowo Tutup Usia