Rober Beri Materi Pelatihan Tanggap Bencana

0
Foto: Rober Paparkan Materi Penanggulangan Kebencanaan

Kabupaten Karanganyar – Gandeng Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto, jajaran Relawan Pottlot Tasikmadu menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Tanggap Bencana di Balai Desa Gaum, Kecamatan Tasikmadu, Karanganyar, Jumat (14/01/2022)

Rober mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mengoptimalkan kecepatan kemampuan relawan di Kabupaten Karanganyar. Dengan hal tersebut nantinya diproyeksikan tercipta keterpaduan peran pemerintahan yang tangguh dalam penanggulangan bencana.

Foto: Rober Ajak Peserta Melakukan Simulasi Tanggap Darurat Bencana Alam

“Semoga dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan kecepatan relawan wilayah per kecamatan di Kabupaten Karanganyar dalam bidang penanggulangan bencana,” ujar Rober yang merupakan sosok kader PDI Perjuangan.

Rober menambahkan, koordinasi dan penanganan yang cepat, tepat, efektif, efisien, terpadu, dan akuntabel diperlukan dalam penanggulangan bencana agar dampak yang ditimbulkan dapat dikurangi, khususnya dalam fase darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, sekaligus dikoordinasikan dalam satu komando.

Kegagapan dalam penanganan dan ketidakjelasan informasi dalam kondisi darurat bencana menurut Rober dapat menghambat dalam penanganan. Situasi dan kondisi seperti ini disebabkan oleh belum terciptanya mekanisme kerja darurat yang baik.

“Keberadaan sistem yang baik akan memudahkan akses untuk memerintahkan sektor dalam hal permintaan dan pengerahan sumber daya manusia, peralatan, logistik, dan lain-lain,” tegas Rober.

Kegiatan pelatihan relawan tanggap bencana tersebut dilaksanakan selama sehari dan diikuti oleh Relawan Pottlot Tasikmadu serta Pramuka Peduli Kwaran  Tasikmadu.

Koresponden : RS

Baca Juga :   Implimentasikan Panca Setya, KJ Kabupaten Tegal Bagikan 150 Paket Sembako

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here