Rellya: Banyak Manfaat Dari Menanam Pohon

0

Kabupaten Banyumas – Dalam melakukan penghijauan lingkungan, aksi penanaman pohon dilakukan serentak untuk menjaga stabilisasi terhadap lingkungan. Selain untuk menjaga kesehatan udara, juga untuk menjaga kandungan air di dalam tanah. Penanaman pohon ini dilakukan oleh Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Banyumas, serta menggandeng Karangtaruna untuk menunjang aksi penanaman pohon tersebut. Acara tersebut dihadiri oleh jajaran PAC PDI Perjuangan Kecamatan Purwokerto Barat, Ketua Ranting PDI Perjuangan se-Purwokerto Barat, Babinkamtibmas Kelurahan Kober, Karangtaruna Kelurahan Kober, Kepala Kelurahan Kober, Kader PDI Perjuangan, Simpatisan PDI Perjuangan, serta masyarakat Kelurahan Kober, Jumat, (15/1/2021).

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Banyumas, Rellya Venny Octalina mengatakan, DPP PDI Perjuangan memiliki program 1 juta penanaman pohon, dengan ini Kader Partai, beserta Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Banyumas mendukung program yang sangat luar biasa tersebut. Rellya menambahkan, kegiatan penanaman pohon tersebut juga bertujuan untuk mewujudkan kesolidan Kader Partai dan msyarakat Purwokerto Barat, yang dilaksanakan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Pasir Kidul.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kab. Banyumas, Rellya Venny Octalina melakukan Gerakan Menanam Pohon, untuk melestarikan lingkungan

“Setiap hari kita menanam pohon, termasuk di pekarangan rumah sendiri. Namun, semua tanaman yang sudah tua kita tebang saja, padahal masih bisa kita remajakan dengan cara dipangkas, sehingga tanaman tersebut masih bisa menyerap air, serta dapat tumbuh kembali. Selain itu, pohon yang kita tebang, dapat menimbulkan dampak yang luar biasa, diantaranya dapat menimbulkan banjir, karena hutan yang sudah mulai gundul, termasuk di perkarangan kita sendiri,” tuturnya.

Rellya juga menjelaskan, DPP PDI Perjuangan melalui program penanaman 1 juta pohon, Rellya telah merencanakan untuk melakukan penghijauan lingkungan. Sebab, bibit pada saat ini sudah banyak dilakukan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Banyumas.

Baca Juga :   Mbak Eisti: Momentum Lahirnya Semangat Nasionalisme dan Berpikir

Rellya berharap kepada masyarakat, agar gemar menanam, bukan menebang pohon, agar nantinya dapat terhindar dari bencana banjir. Rellya juga berharap kepada Dinas Lingkunagan Hidup, agar Peraturan Daerah (Perda) yang  diterapkan oleh Pemerintah Kab. Banyumas, terkait Perda larangan untuk tidak membangun gedung di seluruh wilayah zona hijau, dapat segera diwujudkan.

“Penanaman pohon ini diharapkan, dapat membuat suasana lingkungan sekitar menjadi sejuk, terjaganya ekosistem, serta masih banyak manfaat yang kita peroleh dari menanam pohon. Program yang diselenggarakan oleh DPP Partai ini dilakukan secara besar-besaran di seluruh indonesia untuk. Hal tersebut untuk memecahkan rekor muri, dengan sasaran tempat penanaman, yaitu ladang kering, tempat rawan longsor, serta tempat-tempat yang perlu kita lakukan penghijauan,” pungkasnya.

Koresponden : Egar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here